Wujudkan Taman Baca, Warga Negeri Kian Minta Partisipasi Semuah Pihak

Wujudkan Taman Baca, Warga Negeri Kian Minta Partisipasi Semuah Pihak

BULA, hunimuanews.com-Punya perhatian terhadap pentingnya pendidikan non formal dilingkungan masyarakat, warga Negeri Kian kecamatan Kian Darat meminta partisipasi semuah pihak terutama aleg DPRD (SBT) Dapil dua salah satunya Samad Rumakabis selaku Wakil Ketua Komisi C.

 

Hal tersebut diungkapkan salah satu pemuda Negeri Kian Jalal Rumadaul beberapa waktu lalu dihadapan anggota DPRD SBT Samad Rumakabis dalam sela-sela kunjungan agenda reses masa sidang ke-satu tahun 2021 di Negeri Admnistratif Kian kecamatan Kian Darat kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

 

Jalal menjelaskan, niat baiknya tentang mendirikan taman baca tersebut dengan tujuan memudahkan masyarakat setempat untuk membaca. Ia beralasan pendidikan tak hanya diperuntukkan bagi siswa saja melainkan masyarakat juga mestinya merasakan pelayanan pendidikan secara baik meskipun hanya sebatas pendidikan non formal.

 

"Ini kita lakukan agar masyarakat setempat juga bisa membaca dan belajar di taman baca ini, kita juga berupaya mendistribusikan buku-buku yang berkaitan langsung dengan kehidupan masyarakat," jelasnya

 

Ia mengaku, jika taman baca yang direncanakan itu terwujud maka tentunya menjadi wadah serta menjadi akses belajar mengajar bagi masyarakat sekitar. Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu juga berupaya mengadakan berbagai macam jenis buku yang berkaitan dengan mata pencaharian masyarakat setempat agar dijadikan sebagai sumber referensi untuk dipelajari.

 

Sejalan dengan hal itu, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) kabupaten Seram Bagian Timur itu langsung merespon niat baik masyarakat setempat. Dikatakan, selaku wakil rakyat tentunya keluhan tersebut menjadi tanggung jawabnya, apalagi yang berkaitan dengan pendidikan kata dia, menjadi poin penting yang akan dibahas pada rapat komisi nantinya.

 

"Ini semestinya kita apresiasi sebab masi ada niat baik masyarakat tentang kesadaran berpendidikan. permintaan ini insya Allah akan di upayakan bersama kita mewujudkan keluhan tersebut," kata Rumakabis

 

Diketahui dalam agenda reses tersebut, Rumakabis menyerap berbagai keluhan masyarakat Negeri Kian kecamatan Kian Darat, termasuk keluhan yang cukup penting dalam agenda tersebut adalah upaya mendirikan Taman Baca Masyarakat (TBM) yang dinginkan pemuda Kian termasuk warga masyarakat setempat yang berkenaan hadir pada kesempatan itu.(HN-MR