Warganya Sandang Disabilitas, Suprihatin Rumagia : Kami Beri Perhatian

Warganya Sandang Disabilitas, Suprihatin Rumagia : Kami Beri Perhatian

BULA, hunimuanews.com-Dua anak di desa Gunak kecamatan Kilmury kabupaten Seram Bagian Timur mengalami keterbatasan fisik. Kondisi kedua anak ini mendapat perhatian dari pemerintah desa setempat. 


Kedua anak tersebut, yakni Moti Banda (19) dan Abdul Rauf  Kwairumratu (16) mengalami kelumpuhan pada kaki, sehingga  tidak dapat berjalan secara normal.


Menyikapi kondisi kedua penyandang Disibalitas tersebut, pemerintah desa gunak berupaya serius  memberikan perhatian, guna meringankan beban mereka. 


“Kami telah melakukan langkah-langkah sebagai bentuk perhatian,”kata penjabat kepala desa Gunak, Suprihatin Rumagia ketika dikonfirmasi hunimaunews.com, kemarin.


Rumagia mengatakan, setelah mengetahui kondisi kedua anak tersebut, itu, pihaknya berkonsulutasi dengan  tenaga ahli dan pendamping desa, guna meminta penjelasan tentang penggunaan dana desa untuk membantu penyandang Disibalitas dalam bentuk kursi roda. 


“Kami mendapatkan penjelasan dari tenaga ahli dan pendamping desa bahwa dana desa dapat diguakan juga program membantu penyandang Disibalitas, ”kata Rumagia. 


Setelah mendapat penjelasan tersebut, lanjut Rumagia pihaknya bersama stakeholder lain setempat mengalokasi sebagian dana desa tahun 2020 untuk membeli Kursi Roda. 


“Kursi roda untuk Moti Banda sudah kami serahkan bebera waktu lalu. Sementara untuk Abdul Rauf Kwairumaratu sudah ada dan akan kami serahkan dalam waktu dekat, ”ungkapnya. 


Lebih lanjur Suprihatin Rumagia mengatakan, perhatian akan terus dilakukan melalui proram yang dibiayai dengan dana desa, diantaranya membantu meringankan benban ekonomi keluarga kedua anak tersebut. 


“Insha Allah, akan kami alokasikan beberapa persen anggara dari dana desa pada tahu 2021 untuk membantu meringankan beban ekonomi mereka dalam hal kebutuan hudp sehari-hari,”kata Rumagia. (HN-AMR)