Warga SWT-SBT Terima Pengobatan dan Operasi Minor

Warga SWT-SBT Terima Pengobatan dan Operasi Minor

BULA, hunimuanews.com-Masyarakat kecamatan Siritaun Wida Timur (SWT) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menerima pengobatan gratis, sunatan massal serta operasi minor atau tindakan operasi ringan dengan menggunakan anestesi yang bersifat lokal. 

 

Tiga program kesehatan tersebut semula telah digagas oleh Babinkamtibmas Kian Laut Aipda Muhammad  Ali Kelian, Tim Relawan Klinik Mobile 24 Sehat dan Cerdas yang turut mengandeng kerja sama dengan tenaga kesehatan Puskesmas Nama. 

 

Pengobatan dan operasi minor ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bayangkara Ke-76. Kegiatan tersebut berlangsung Kamis, (16/06/22) di Desa Salagur Kota kecamatan Siritaun Wida Timur. 

 

Selain tiga program dimaksud, diikuti dengan 

Launching Rumah Peduli Lindungi Presisi. Tujuan didirikan Rumah Peduli ini sebagai wadah bagi anak-anak desa Administratif Salagor Kota untuk belajar.

 

"Tujuan didirikan Rumah Peduli ini sebagai wadah atau tempat bagi anak Desa Administratif Salagor Kota maupun anak2 yang ada di Siritaun wida timur bisa berkunjung untuk  belajar di rumah peduli lindungi di juar luar jam sekolah," ungkap Babinkamtibmas Kian Laut Moh Ali Kelian. 

 

Kelian menandaskan, untuk mengontrol waktu belajar anak diluar jam sekolah, pihaknya berinsiatif mendirikan Rumah Peduli Lindungi tersebut. Tidak hanya itu, fasilitas yang disiapkan berupa Leptop dan buku bacaan, hal ini agar dapat menunjang proses belajar anak itu sendiri. 

 

Sementara untuk sasaran pengobatan, kata Kelian dilakukan secara umum kepada seluruh warga masyarakat. Jumlah masyarakat yang mengikuti pengobatan tersebut sebanyak 70 orang. Diikuti 5 orang anak yang di sunat .

 

"Sasaran pengobatan umum, terdata sebanyak 70 orang yang barobat. Sementara ada 5 orang anak yang disunat," katanya

 

Melalui kegiatan itu, Ia tak lupa mengajak seluruh stakeholder setempat untuk turut serta menjaga situasi kamtibmas di wilayah tersebut. 

 

"Selaku Bhabinkamtibmas saya mengajak seluruh Penjabat, masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda agar bersama dengan Polri untuk menjaga situasi kamtibmas di Wilayah kec. Siritaun wida timur ini ," harapnya

 

Sementara Kepala Puskemas Nama Y. N Wokas saat ditemui mengaku, pihaknya merasa termotivasi dengan kegiatan tersebut. Menurutnya, berbagai program yang dilaksanakan lewat kegiatan itu merupakan bentuk kerja nyata terkait pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat. 

 

"Alhamdulillah beta selaku kepala puskesmas merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Bagi beta kegiatan ini merupakan bentuk kerja nyata pelayanan kesehatan kepada masyarakat," akuinya

 

Selain itu, untuk pelayanan kesehatan tambah Wokas, pihaknya masih mebutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak. Namun disela-sela kegiatan itu turut dihadiri oleh dua Dokter Umum. Diantaranya Ulul Azmi Rumalutur yang merupakan Calon Pegawai Negeri Sipil pada Puskesmas Nama dan Dokter Vinny S. Rumalesin yang merupakan relawan Klinik Mobile 24.

 

"Alhamdulillah kegiatan tadi di ikuti oleh 2 dokter umum yg mana dokter ulul azmi merupakan CPNS di puskesmas Nama dan dokter Vinny S.Rumalessin merupakan tim relawan klinik mobile yang juga menjabat sebagai ketua IDI kab.SBT," tutupnya

 

Turut hadir dalam giat tersebut Kapolsek Seram Timur, Danpos Siritaun Wida Timur, Babinsa Sekecamatan siritaun wida timur. Pj. Desa sekecamatan siritaun wida timur, Kepala KUA beserta staf dan sejumlah Mentor dari komunitas Literasi sekecamatan Siritaun Wida Timur. (HN-MR