Wabup SBT Kembali Lantik Empat Penjabat Kepala Desa

Wabup SBT Kembali Lantik Empat Penjabat Kepala Desa

BULA, hunimuanews.com-Sebanyak empat Penjabat Kepala Negeri Administratif di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) kembali dilantik oleh Wakil Bupati kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur. Pelantikan tersebut berlangsung di Aula Pandopo Bupati SBT, Selasa (31/21).

 

Penjabat kepala negeri yang dilantik pada kesempatan itu diantaranya penjabat negeri administratif Liantasik Jafar Rumain, penjabat negeri administratif Udur Abdullah Pelapori, penjabat negeri administratif Madak Hairia Rumata, dan Penjabat negeri administratif Karai Ali Rumeon.

 

Diketahui pelantikan tersebut bersandar pada keputusan Bupati kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas tentang pengangkatan dan pemberhentian penjabat negeri dan negeri administratif, berdasarkan nomor surat terlampir.

 

Wakil Bupati (Wabup) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur dalam sambutannya mengatakan, pelantikan penjabat kepala negeri di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan sesuatu yang lumrah.Tidak hanya itu, langkah pemerintah daerah untuk melantik para penjabat desa tersebut merupakan hal yang pantas dilaksanakan.

 

"Bahwa pelantikan kepala desa Administratif ini merupakan hal yang normal, dan itu merupakan hal yang memang pantas untuk dilakukan," kata Wabup

 

Selain dari langkah pemerintah daerah, diakui pelantikan itu mesti diberlakukan, sebab memungkinkan masa bakti para penjabat sebelumnya telah berakhir.

 

Dengan demikian Wabup menegaskan, para penjabat desa yang telah dilantik pada kesempatan itu agar dapat melakukan perubahan serta mencetuskan terobosan terobosan baru di lingkungan masyarakat.

 

"Kita berharap agar saudara-saudari yang baru saja dilantik ini agar kelak membawa perubahan dan membuka lembaran baru di lingkungan masyarakat," jelas Wabup

 

Dia berharap, tugas yang diembankan kepada para penjabat yang baru saja dilantik itu agar dapat dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Sementara penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) SBT Djafar Kwairumaratu usai prosesi pelantikan tersebut, dirinya menyematkan waktunya sejenak memberikan penguatan dan pemahaman kepada beberapa para penjabat desa yang baru saja dilantik.

 

Djafar mengingatkan para penjabat tersebut agar dapat memahami hal teknis yang berkaitan langsung dengan pengelolaan Dana Desa (DD) Anggaran Dana Desa (ADD) pada masing masing desa yang dipimpin itu.

 

Ia menandaskan, segala kebijakan yang diambil para penjabat mesti bersandar pada regulasi yang telah diamanatkan dalam undang-undang. Sebab pengelolaan dana desa menurutnya sedikit berbeda jika tidak dipahami oleh para penjabat.

 

"Urusan Dana desa ini gampang gampang susah, jadi bapa ibu harus pahami dengan baik,"tandasnya

 

Selain itu dirinya berharap, secepatnya para penjabat melakukan proses pencairan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT). Sebab anggaran tersebut suda di transfer masuk pada rekening desa masing-masing.

 

"Setelah ini bapa ibu yang baru saja dilantik agar secepatnya melakukan proses pencarian BLT, kurang lebih 8 bulan suda di transfer ke rekening desa masing-masing," jelas Sekda

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur, Sekretaris Daerah (Sekda) Djafar Kwairumaratu, Kepala Dinas Infokom SBT M.S Kilwarani, Kabag Hukum kabupaten Seram Bagian Timur Sanan Allahmadi, Camat Bula Hadi Rumbalifar Kepala Urusan Agama(KUA) kecamatan Bula Anwar Tuhuteru, serta para penjabat desa yang baru saja dilantik. (HN-MR)