Wabup SBT Ingin Angka Stunting Turun Tiap Tahun

Wabup SBT Ingin Angka Stunting Turun Tiap Tahun

BULA, hunimuanews.com-Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur mengatakan Prevelensi stunting di Indonesia dan khususnya di Seram Bagian Timur Maluku dalam 10 tahun terakhir belum ada penurunan yang signifikan walaupun segala upaya telah dilakukan oleh pemerintah.


Dengan demikian Wabup berharap melalui kesempatan ini ada langkah dan pembahasan yang diambil guna menargetkan penurunan angka stunting setiap tahun di kabupaten Seram Bagian Timur ( SBT).


Hal itu disampaikan saat Wabup secara resmi membuka Pelaksanaan Aksi Konvergensi Stunting tahun 2021 di lantai 3 Hotel Surya, Rabu (10/3/2021).


Wabup dalam sambutannya mengatakan kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) memiliki prevelensi kedua tertinggi di provinsi Maluku setelah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang memiliki prevelensi stunting sebanyak 42,80%. 


"Saya ingin ada pembahasan terkait dengan target penurunan prevelensi stunting setiap tahun secara terperinci dari tahun 2021 sampai dengan Tahun 2024" Pungkasnya.


Selain itu Wabup berharap melalui giat ini tersedianya data BNBA (By Name By Address) untuk balita stunting di masing-masing desa di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) agar rencana kegiatan serta target dapat terukur dengan baik.


Melalui kesempatan itu, orang nomor dua di kabupaten yang bertajuk Ita Wotu Nusa ini terus berharap kepada dinas terkait bahwa mestinya ada modifikasi-modifikasi program dan kegiatan tersebut guna memaksimalkan intervensi cakupan layanan penurunan angka Stunting di tahun 2021 dan seterusnya.


"Misalnya terkait pemberian Pil Fe kepada Remaja Putri yang biasanya di kondisi normal dilakukan di sekolah-sekolah, dengan adanya pandemic covid 19 ini bagaimana upaya". Tuturnya


Diketahui stunting merupakan masalah serius yang dialami anak sebab dapat menghambat pertumbuhan fisik, meningkatkan kerentanan terhadap penyakit, dan mengancam perkembangan kognitif yang akan berpengaruh pada tingkat kecerdasan anak.


Akhir sambutannya, Wabup berharap kepada seluruh peserta yang hadir pada kesempatan itu secara maksimal menuangkan ide dan gagasan masing-masing agar tujuan dari kegiatan Aksi 1 Analisis Situasi dan Aksi 2 Rencana Kegiatan dapat tercapai dengan baik. (HN-MR)