Wabup Idris Rumalutur : SBT Masuk Zona Kuning dengan Penularan Beresiko Rendah

Wabup Idris Rumalutur : SBT Masuk Zona Kuning dengan Penularan Beresiko Rendah

BULA, hunimuanews.com-Seperti diketahui jumlah kasus Covid-19 dari hari ke hari terus meningkat dan sampai saat ini tidak ada tanda-tanda pandemi itu akan berakhir. Penularan Covid-19 pertama kali masuk di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) terlaporkan pada Bulan Mei 2020 lalu, hingga kini diketahui sebanyak 50 orang terkonfirmasi positif. 

 

Sementara angka kesembuhan kini mencapai 98% dan angka kematian mencapai 2%. Dengan begitu, status kabupaten Seram Bagian Timur masuk zona kuning dengan penularan beresiko rendah.

 

Pernyataan itu dituangkan dalam sambutan Bupati kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas yang di bacakan Wakil Bupati (Wabup) SBT Idris Rumalutur saat menghadiri kegiatan "Pelatihan Peningkatan Kapasitas Petugas Survailans dan Pengambilan Sampel PCR dan Rapid Antigen Bagi Petugas Laboratorium Tahun 2021" di Gedung Serba Guna Dinas Kesehatan SBT, Kamis (15/7/21), sekaligus membuka secara resmi acara tersebut.

 

Wakil Bupati (Wabup) dalam sambutannya mengatakan, upaya mencegah corona virus di kabupaten penghasil minyak ini, pemerintah daerah (Pemda) telah banyak melakukan pencegahan salah satunya adalah meningkatkan kapasitas petugas survailans dan tenaga laboratorium rumah sakit dan puskesmas untuk dapat melaksanakan 3T yakni ( Test, Tracing dan Treatment) di lingkungan masyarakat.

 

"Harapan kami dengan adanya pelatihan ini, petugas survailans dan petugas laboratorium Rumah Sakit dan Puskesmas dapat bekerja secara baik agar secepatnya kita keluar dari masa pandemi ini," ucap Wabup

 

Dirinya menambahkan, pelayanan vaksinasi di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) telah menyasar. Dikatakan, tenaga kesehatan (Nakes) TNI, Polri dan Pelaku Pelayanan Publik termasuk masyarakat kini mencapai 5.257 orang yang menjalani vaksinasi dosis satu. Sementara pada dosis dua lanjut Wabub, mencapai 1.897 orang.

 

"Kini suda terdata yang menjalani vaksinasi, untuk itu melalui kesempatan ini kami sampaikan bahwa Puskesmas dan Rumah Sakit masih membuka jalanya vaksinasi bagi masyarakat lainnya," terangnya

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur, Kapolres Seram Bagian Timur Andre Sukendar, Plt.Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Seram Bagian Timur Samun Rumakabis, dan sejumlah Kepala Bidang (Kabid) dan Kepala Seksi (Kasi) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT, serta para Kepala Puskesmas yang turut hadir pada kesempatan tersebut. (HN-MR