Wabup Akui SBT Bebas Narkoba, Namun Mesti di Antisipasi

Wabup Akui SBT Bebas Narkoba, Namun Mesti di Antisipasi

BULA, hunimuanews.com-Wakil Bupati kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur mengaku kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) masih relatif aman terkait penggunaan dan peredaran (Narkoba). Meski begitu, Wabup meminta semua pihak agar terus mengantisipasi kondisi tersebut.

 

Hal ini diungkapkan Wabup saat menghadiri Rapat Koordinasi Pengembangan dan Pembinaan Daerah Tanggap Ancaman Narkoba kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) di Hotel Surya Bula,(06/10/21).

 

Wabup mengungkapkan, selaku kepala daerah, pihaknya mengapresiasi langkah dan program yang dicanangkan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku. Tidak hanya itu, melalui kegiatan tersebut, pemerintah daerah akan berupaya melakukan gerakan yang seirama dengan program dimaksud.

 

"Kita bersyukur bahwa program yang dicanangkan BNN ini dapat menjangkau kabupaten Seram Bagian Timur (SBT)," ungkapnya

 

Dia menjelaskan, untuk mencapai tujuan program yang digagas BNN itu, dibutuhkan komitmen yang tinggi dari seluruh pemangku kepentingan daerah. Dikatakan, berdasarkan data dan informasi yang disampaikan, kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) normal dari sisi peredaran maupun penyalahgunaan narkoba.

 

"Selain antisipasi, kebijakan lain yang dapat dilakukan adalah melaui aparatur penyelenggara pemerintah seperti edaran, maupun pernyataan fakta integritas bebas narkoba," jelasnya

 

Ketua Yayasan Gita Tita Falamuri STAIS Seram Timur ini menegaskan, sinergitas sesama pihak untuk mewujudkan tujuan pelaksanaan program tersebut penting diberlakukan. Hal itu kata Wabup, guna memastikan kabupaten yang berjuluk Ita Wotu Nusa ini bebas dari penyalagunaan narkotika.

 

Diketahui hasil survei Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku dan LIPI pada tahun 2019 lalu, bahwa maraknya peredaran dan penyalagunaan gelap narkoba cukup meningkat. 

 

Dari informasi tersebut, bukan hal yang biasa saja, melainkan satu ancaman bagi keberlangsungan hidup generasi bangsa. Kendati demikian, Wabup berharap tidak hanya pemerintah maupun TNI Polri yang bertugas memberantas masalah tersebut, namun peran masyarakat juga sangat di butuhkan.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Idris Rumalutur, Sekretaris Daerah (Sekda) Djafar Kwairumaratu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku Rohmad Nursahid, Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Pimpinan OPD seta para rombongan BNN Provinsi Maluku. (HN-MR)