Translok, Pemda Akan Survey Dataran Hunimua

Translok, Pemda Akan Survey  Dataran Hunimua

BULA,Hunimuanews.com-Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur akan membuka lokasi transmigrasi lokal (Translok) di dataran Hunimua. Akan dilakukan survei untuk menilai kelayakan lokasi tersebut.

 

Sesuai rencana, program Translok tersebut guna membangun pemukiman bagi sekitar 300 kepala keluarga di dua titik di kawasan ibu kota defenitif kabupaten SBT tersebut.

 

"Jika hasil survei memungkinkan maka, sekitar 300 kepala keluarga  yang akan menghuni pemukiman sebagai penyangga ibu kota Hunimua.Rencananya akan kami ambil dari kecamatan pesisir, mulai dari kecamatan Kilmuri sampai kecamatan Teluk Waru," kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten SBT,   Idrus Kaluku, selasa (10/7).

 

Karena itu, pemerintah kabupaten SBT melalui dinas  Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengalokasikan anggaran sekitar Rp 400 Juta untuk melakukan survey di lokasi tersebut.

 

“Rencananya transmigrasi lokal tersebut akan menempati dua lokasi diantaranya sebelum masuk kota hunimua dan setelah kota hunimua masuk ke kecamatan kilmuri, karena jalan di hunimua tersebut saat ini sudah terhubung dengan kilmuri untuk clearingnya,"katanya.

 

 

Kaluku mengungkapkan,  memang secara kasat mata, Dataran Hunimua cukup layak untuk dijadikan lokasi transmigrasi, namun jika ada sebagian hutan yang memang tidak dapat dikembangkan menjadi pemukiman.

 

Setelah melakukan survey, pihaknya akan memperesentasikan hasilnya kepada bupati, guna memastikan layak tidaknya lokasi tersebut dijadikan sebagai kawasan Translok.(MB)