Tingkatkan Minat Baca, Wabub Harap Semua Desa di SBT Dirikan Taman Baca

Tingkatkan Minat Baca, Wabub Harap Semua Desa di SBT Dirikan Taman Baca

BULA, hunimuanews.com-Dalam meningkatkan minat baca masyarakat di kabupaten Seram Bagian Timur Wakil Bupati (Wabup) (SBT) Idris Rumalutur berharap semua Desa di SBT dapat mendirikan Taman Baca. Hal itu di berlakukan guna merespon pentingnya pendidikan serta dapat meningkatkan minta baca masyarakat terutama pada regenerasi di bumi Ita Wotu Nusa ini.

 

Harapan ini di sampaikan Wabub kepada Wartawan usai membuka kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Insklusi Sosial (TPBIS) di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Senin (19/7/21).

 

Dijelaskan Wabub, pendidikan merupakan fundamental kemajuan suatu bangsa termasuk majunya kabupaten penghasil minyak bumi ini juga dapat di ukur dari kualitas pendidikan. 

 

Tidak hanya itu, ia menilai minat baca masyarakat di SBT sangat minim, untuk itu dirinya berharap melalui upaya mendirikan perpustakaan atau taman baca pada setiap desa itu juga menjadi wadah sekaligus menjadi faktor pendorong bagi masyarakat untuk lebih meningkatkan kemampuan membaca.

 

"Jadi saya berharap kalau bisa semua dusun atau desa bisa membangun taman baca, untuk meningkatkan kualitas membaca masyarakat juga melalui taman baca itu," tutur Wabub

 

Tokoh akademisi ini mengungkapkan, upaya mengadakan taman baca pada setiap desa itu merupakan satu cara merespon ketertinggalan pendidikan di SBT, menurutnya kualitas belajar seseorang tidak hanya ditempuh melalui pendidikan formal saja melainkan nonformal juga mesti dipelajari.

 

Selain itu dirinya menambahkan, upaya membangun taman baca pada setiap desa jangan hanya di jadikan sebagai formalitas saja atau satu ajang promosi kepada publik. Namun lanjutnya, esensi dari taman baca itu yang harus di implementasikan.

 

"Kita bangun taman baca jangan hanya sebagai formalitas atau promosi saja, jangan sampai kita membangun taman baca yang ada tamanya saja tapi bacanya tidak ada," terangnya

 

Dikatakan, selaku pemerintah daerah (Pemda) SBT, menaruh perhatian penuh soal kemajuan daerah yang direspon melalui jalur pendidikan oleh masyarakat.

 

Diketahui, sejumlah taman baca yang kini hadir di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) diantaranya, Taman Baca Keta (TBK) Rumah Baca Suru (RBS) Rumah Baca Peradaban Aruan Gaur, Rumah Baca Kian Laut, Rumah Baca Airnanang (RBA) Walang Baca Pinalusang Negeri Waras-waras, kecamatan Tutuk Tolu, Rumah Baca Sejarah Negeri Kilkoda Kecamatan Gorom Timur Rumah baca Usung, rumfakar (Rumus) Taman Baca Insan Cita (Bula ) Lapak Baca Arganesa, termasuk salah satu komunitas peduli pendidikan di bumi Ita Wotu Nusa ini yakni NSP Family. (HN-Musakrim)