Somad Rumakabis Sesalkan 95 Penumpang Sorong Tiba Bula, Tidak Dikarantina

Somad Rumakabis Sesalkan 95 Penumpang Sorong Tiba Bula, Tidak Dikarantina

BULA, hunimuanews.com - Sebanyak 95 penumpang dari Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, tiba dengan kapal KM Sabuk Nusantara 77 di Kota Bula pada Jumat, (17/04/2020) sore tadi di pelabuhan Sesar, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) tidak menjalankan masa karantina selama 14 hari. Padahal, lokasi karantina sudah disiapkan tim Gugus Tugas Percepatan Penaganan Covid-19 yang berlokasi di wilayah pantai Gumumae.

 

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten SBT Somad Rumakabis mengungkapkan, selaku wakil rakyat dirinya merasah sesal atas kinerja tim Covid-19 SBT saat ini. Pasalnya, sudah ada tempat karantina yang disiapkan. Namun tidak difungsikan untuk 95 orang penumpang itu menjalankan masa karantina.

 

"Semestinya 95 orang yang baru datang dari Kota Sorong itu harus dikarantina selama 14 hari. Sambil tim Covid-19 melakukan pemeriksaan, sekligus pemantauan terhadap mereka. Dan fasilitas di tempat karantina ini sangat layak untuk digunakan" ucap Rumakabis, dengan nada yang tegas.

 

Lanjut Rumakabis, kalau hanya sekedar tim malakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap 95 penumpang itu, belum bisa menjamin. "Tadi setalah tiba di pelabuhan, mereka diperiksa Suhu Tubuh. Setelah itu diarahkan ke lokasi karantina. Namun, setelah sampai mereka dimintai identitas dan kembali dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, setelah itu dibiarkan pulang ke rumah masing-masing" kata Rumakabis.

 

Menurut Rumakabis, Tim Covid-19 SBT harus menjalankan tugas sesuai ketentuan yang berlaku. Kata Rumakabis khawatirkan, puluhan orang ini akan pulang dan berkumpul bersama keluarga di rumah. "Tim harus lebih maksimal bekerja serta berperan aktif dengan semua unsur yang terlibat dalam tim covid ini" tutur Rumakabis.

 

Wakil rakyat asal Partai Amanat Nasional (PAN) juga mengingatkan, dana yang diperoleh dalam pencegahan Covid-19, sebahagianya segera didistribusi ke pos-pos sesuai dengan kebutuhan pos dalam mencegah masuknya Covid-19 di Bumi Ita Wotu Nusa. (HN-OPAN)