Soal CPNS, Suwakul : Kami Menduga Ada Konspirasi

Soal CPNS, Suwakul : Kami Menduga Ada Konspirasi

BULA, hunimuanews.com-Salah satu tokoh pemuda kabupaten Seram Bagian Timur, Ferdy Suwakul menegaskan, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilakukan secara online tidak dapat diberlakukan di semua daerah.

 

Hal tersebut disampaikan Suwakul kepada hunimuanews.com setelah dirinya bersama sejumlah pemuda lain yang tergabung dalam Front Penyelamat Generasi Muda SBT (FPGM-SBT) menggelar demontsrasi, Senin (1/10) di kota Bula, mendesak pemerintah membatalkan pendafratan CPNS secara online.

 

Suwakul mengatakan, pendaftaran seleksi CPNS yang dibuka sejak 26 September-10 Oktober, menuai protes banyak daerah, terutama daerah  di wilayah Indonesia timur, termasuk kabupaten Seram Bagian Timur, karena sulit mengakses portal System Seleksi CPNS Nasional (SSCN), akibat minimnya jaringan internet.  

 

"Kami menduga, ada konspirasi besar yang dibangun oleh Pemerintah pusat untuk membatasi para generasi muda di daerah ini mengikuri tes CPNS,”tandas mantan Ketua Eksekutif Liga Mahasiswa Untuk Demokrasi (LMND) Wilayah Maluku ini.

 

Padahal, lanjut Suwakul semua anak bangsa mempunyai hak yang sama untuk mengikuti seleksi CPNS.“ Sementara di Seram Bagian Timur sampai hari ini baru sekitar 20% yang mendaftar,itu pun baru berada pada tahapan kedua dan ketiga" kata dia.

 

Untuk itu, pihak mendesak pemerintah Seram Bagian Timur mencari solusi terbaik, agar para peminat CPNS di daerah 2018 bisa mendaftar sehingga ikut berkompotisi pada CPNS 2018. Sebagai generasi muda negeri ini.

 

Lanjut dia, kondisi tersebut harus disikapi secara serius oleh pemerintah kabupaten SBT, agar semua peminat CPNS di daerah ini dapat mengiktyui setiap tahapan dengan baik, terutama tahapan pendaftaran.

 

"Sebagai generasi yang peduli akan kepentingan generasi muda di Daerah ini, merasa perlu untuk menympaikannya kepada pemerinah daerah agar bisa dipertimbangkan secara matang demi kemasalahatan anak-anak muda daerah ini. Menyikapi" ungkap dia.

 

Harus ada ketegasan pemerintah kabupaten SBT sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, guna menyampaikan kelemahan-kelamahan yang ada di daerah ini sebagai pertimbangan, khusus dalam proses pendaftaran CPNS online 2018.

 

“Pemerintah Pusat selalu menyamakan kondisi semua daerah di Indoneia.  Ketentuannya diberlakukan secara Nasional tanpa memikirkan letak geografis dan kesiapan infrastruktur pendukung lainnya,”tegasnya. (GR)