Soal Bandara Gorom, Bupati : Butuh Dukungan Masyarakat

Soal Bandara Gorom, Bupati : Butuh Dukungan Masyarakat

BULA, hunimuanews.com-Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas berharap, masyarakat mendukung rencana pembangunan Bandar Udara di kecamatan Pulau Gorom.

 

Hal itu disampaikan Keliobas saat menyampaikan sambutan pada sosialisasi pembangunan Bandara Gorom di desa Katalako kecamatan Pula Gorom, Minggu (25/11).

 

Keliobas mengatakan, sudah beberapa kali menemui Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dan mendapatkan hasil yang positif. Pemerintah pusat melalui Dirjen tetap memperhatikan pembangunan Bandara yang rencananya dibangun di kawasan Tanjung Keter negeri Kataloka itu.

 

Dikatakan, saat ini rencana pembangunan Bandara Gorom telah sampai pada  analisis dampak lingkungan (Amdal) Ini merupakan tahapan terbitnya rekomendasi dan prinsip prinsip Bandara Gorom.

 

Lanjut Keliobas, sesuai rencana kementerian Perhubungan akan menetapkan lokasi pembangunan Bandara di kecamata Pulau gorom pada tahun 2019.

 

“Estimasikan anggarannya sebesar Rp487 milyar. Dan direncanakan panjang pacuan landasan mencapai 1.400 meter lebih ditambah dengan insfrastuktur pendukung lainnya 32.000 meter.

 

Ia mengatakan, pemerintah kabupaten SBT telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 juta dari APBD 2018 untuk team Monitoring dan team sosialisasi sekaligus team identifikasi data masyarakat.

 

"Jadi, nannti setelah sosialisasi ini di berikan, ada tanaman tanaman masyarakat, seberapa banyak, harganya berapa juga di tetapkan dengan peraturan bupati 2008  tentang harga satuan tanaman masyarakat,”ungkapnya.

 

Terkait lahan, Keliobas mengatakan pembangunan akan berjalan bila lahan yang dihibahkan tidak merugikan masyarakat.

 

"Saya berharap dukungan semua masyarakat yang ada di Kataloka terutama masyarakat yang ada di Dusun Samboro. (GR)