SKK Migas & KKS Balam Energi Ltd, Survey Kandungan Minyak - Gas Bumi di SBT

SKK Migas & KKS Balam Energi Ltd, Survey Kandungan Minyak - Gas Bumi di SBT

BULA, hunimuanews.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Papua-Maluku (Pamalu) dan kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKS) Balam Energy Ltd, perusahan asal Australia tersebut melakukan sosialisasi kegiatan survey kandungan Minyak dan Gas Bumi pada beberapa wilayah di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

 

Kegiatan sosialisasi survey seismik dua dimensi (2D) di Kabupaten SBT berlangsung Pada kamis (5/3/2020). Dengan tujuan mempersiapkan pelaksanaan kegiatan survey seismik, sebagai pemenuhan komitmen pasti Kontrak Production Sharing (PSC ) eksplorasi wilayah kerja migas Block East Seram.


SKK Migas Perwakilan Papua-Maluku, yang diwakili Yongky Daud Korokay. Dalam sosialisasinya, Yongky meminta dukungan kepada para pimpinan instansi dan stakeholder untuk mendukung kelancaran kegiatan operasional Kontraktor KKS Balam Energy Ltd, yang merupakan bagian dari projek pemerintah, dan berharap masyarakat dapat juga memberikan kemudahan dalam proses kelancaran kegiatan survey seismik 2D tersebut.

 

Kegiatan ini juga dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Di antaranya Sekda Kabupaten SBT, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Kepala Dinas Perencanaan, Kepala Dinas Catatan sipil, Camat Bula, Camat Tutuk Tolu, Camat Teluk Waru, Camat kiandarat, camat kilmuri, Kapolres Seram Bagian Timur, dan Perwakilan Kodim persiapan Kabupaten SBT.

 

Pada kesempatan yang sama, Sekda SBT Dr. Syarif Makmur menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung dan mensupport pelaksanaan kegiatan survey seismik tersebut,  "Dengan harapan dapat ditemukan potensi-potensi yang dapat memberi dampak positif bagi masyarakat" tuturnya.

 

Rencana survey seismik 2D akan dilakukan di 5 kecamatan lanjut Sekda. Yakni, Kecamatan Bula, Kecamatan Tutuk Toluk, Kecamatan Teluk Waru, Kecamatan Kiandarat dan Kecamatan Kilmuridan. “Nantinya apabila ada kendala-kendala yang terjadi di lapangan untuk dapat dikoordinasikan kepada pemerintah daerah kabupaten SBT, untuk dicarikan solusi penyelesaiannya,” jelas Sekda.

 

Sementara itu, Seismik Operation Supervisor dari KKS Balam Energy, Suwarno memperkenalkan perusahaan Balam Energy Ltd. yang merupakan anak perusahaan dari Lion Energy yang secara resmi terdaftar di Bursa Efek Australia. "Perusahan ini didirikan pada tahun 1970 dan telah menandatangani kontrak pada tanggal 17 Juli 2018 dengan pemerintah RI dengan komitmen kontrak adalah survei seismik sepanjang 500 KM" jelasnya.

 

Kegiatan survei seismik lanjut Sarwono dimaksudkan untuk memperoleh data-data struktur dan lapisan batuan di bawah permukaan bumi dengan tujuan untuk melihat kemungkinan ada tidaknya kandungan minyak dan atau gas bumi pada struktur lapisan batuan di bawah permukaan bumi,” kata Sarwono. "nantinya setelah diketahui adanya kemungkinan minyak dan gas bumi maka akan dilakukan berbagai studi dan pertimbangan untuk melakukan kegiatan eksplorasi tahap berikutnya" tuturnya.

 

Selain itu, Surwono juga menegaskan, nantinya seluruh lokasi kegiatan survei seismik akan tersebar di dua wilayah Kabupaten, yaitu Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten SBT. 

 

“Bahwa terkait tenaga kerja yang nantinya diperlukan berjumlah kurang lebih 700 orang tenaga kerja baik skill dan non skill dan akan memanfaatkan tenaga kerja setempat semaksimal mungkin. Tentunya dengan diawali dengan pelatihan dasar teknik pekerjaan, keselamatan kerja, lingkungan serta sosial lainnya,” tutup Seismik Operation Supervisor Perusahan dari Australia tersebut. (HN-AL).