Sering Ambruk, Jembatan Wai Salas di SBT, Segera Dikerjakan

Sering Ambruk, Jembatan Wai Salas di SBT, Segera Dikerjakan

BULA, hunimuanews.com-Jembatan Wai Salas di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang diketahui sering ambruk pasca peristiwa banjir beberapa waktu lalu, dalam waktu dekat akan dikerjakan.

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) SBT Umar Billahmar kepada hunimuanews.com usai meninjau lokasi banjir bersama Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas didampingi BWS Maluku beberapa hari lalu di Bula. 

 

Billahmar mengatakan, jembatan yang menghubungkan akses transportasi antara beberapa kecamatan dengan kota Bula itu bakal dikerjakan sesuai perencanaan dan kesepakatan Pemkab SBT melalui Dinas PU bersama Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Maluku.

 

"Jadi jembatan Wai Salas ini, kemarin saya sendiri yang ketemu langsung dengan kepala Balai. dan didalam pertemuan itu saya minta agar dilakukan penanganan segera jembatan Wai Salas," kata Billahmar

 

 

Dia menjelaskan, usai pertemuan yang berlangsung beberapa waktu lalu di Ambon, pihak BPJN Maluku langsung mengunjungi kota Bula guna melihat kondisi kerusakan jembatan Wai Salas dan beberapa jembatan lainya. 

 

Dengan adanya kondisi kerusakan jembatan Wai Salas dan beberapa jembatan lain di kabupaten Seram Bagian Timur, Kepala BPJN Maluku Jon Sudiman Damanik memerintahkan untuk segera dilakukan penanganan pekerjaan jembatan tersebut. 

 

"Dan kemungkinan besar dalam waktu dekat ini sudah ada penanganan jembatan Wai Salas, "ujarnya

 

Selain itu tambah Billahmar, pihaknya turut menyurati Kementerian PU dan Kepala Staf Kepresidenan untuk permintaan penanganan jembatan Wai Salas. 

 

 

Sementara kondisi jembatan Wai Salas yang diketahui sering ambruk itu, pihaknya mengaku semula telah dilakukan upaya renovasi. Namun konstruksi jembatan dan tingginya arus air yang tidak beraturan, membuat hasil perbaikan jembatan tersebut kembali ambruk. 

 

"Jadi tahap renovasi atau perbaikan itu katong lakukan pemasangan batu dan timbunan saja. Tapi sebelum itu,  katong normalisasi dolo. Katong usahakan bawa aliran air itu ke bagian kiri jembatan tapi hasilnya sama, "jelasnya

 

Dia menjelaskan, terkait perbaikan Jembatan Wai Salas, kini sudah ditangani oleh konsultan perencanaan. Untuk itu lanjutan pembangunan jembatan Wai Salas menanti prosesnya meski belum memiliki kepastian waktu. 

 

Lanjut pembangunan jembatan Wai Salas yang direncanakan oleh pihak Balai itu akan dibanguan secara permanen. Kendati demikian, untuk sementara kerusakan pada jembatan tersebut tak dapat dilakukan perbaikan sebab hasilnya tak akan bertahan lama. 

 

"Jadi ini sementara, konsultan ada biking perencanaan atas tiga jembatan di SBT ini, jadi kita diskusikan meminta agar perencanaannya cepat selesai untuk diserahkan ke Balai agar pekerjaan berjalan katong menanti saja, "tandasya (HN-MR)