Serah Terima Jabatan, AMK Kembali Pimpin SBT

Serah Terima Jabatan, AMK Kembali Pimpin SBT

BULA, hunimuanews.com-Serah terima jabatan Pjs Bupati Hadi Sulaiman kepada Bupati Aktif kabupaten Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas, bertempat di aula pandopo bupati. Sabtu, (05/12/2020). 

 

Dengan adanya gelaran acara serah terima jabatan itu, Abdul Mukti Keliobas kembali memimpin kabupaten yang bertajuk Ita Wotu Nusa (IWN) Seram Bagian Timur (SBT) sebagai bupati aktif.

 

Acara tersebut dihadiri oleh, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Provinsi Maluku, Pjs Bupati SBT Hadi Sulaiman, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas, Pimpinan dan anggota DPRD SBT, Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda), Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD SBT), KPU, Bawaslu, Kapolres Seram Bagian Timur dan seluruh jajarannya.

 

Prosesi serah terima jabatan oleh Pjs Bupati SBT Hadi Sulaiman kepada Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas yang disaksikan oleh gubernur maluku atau pejabat yang mewakili dan ditandai dengan penyerahan nota pelaksanaan tugas Pjs Bupati selama masa bertugas di Bumi Ita Wotu Nusa ini.

 

Usai prosesi serah terima jabatan, Staf ahli bidang pemerintahan provinsi maluku Drs. M Saleh Tio M.Si, di awal salam pembuka ia memberikan salam hormat kepada wakil bupati meskipun yang bersangkutan  tidak sempat hadir.

 

Dalam sambutannya Saleh menjelaskan pelaksanaan serah terima jabatan Pjs Bupati kepada Bupati dilaksanakan usai dari masa kampanye politik pada pilkada 2020, yang bersandar pada peraturan Menteri dalam negeri (Mendagri) Pasal 10A Nomor 01 tahun 2018.

 

" Selaku Kepala daerah yang telah melakukan cuti untuk melaksanakan masa kampanyenya sebagai kandidat pada pilkada 2020 kini Mukti telah kembali melaksanakan tugasnya sebagai Bupati Aktif untuk memimpin roda pemerintahan di Kabupaten Seram Bagian Timur". Ungkap Saleh.

 

Lanjut dalam sambutannya Saleh menegaskan beberapa poin penting kepada Bupati, agar kembali mengaktifkan aktifitas pemerintahan sebagai mana mestinya.

​​​​​​1. Segera konsolidasikan roda pemerintahan dengan seluruh jajaran birokrat agar dapat menjaga netralitas, solidaritas, dan loyalitas selaku abdi negara dan abdi masyarakat.

 

2. Tuntaskan janji dan komitmen saudara selaku kepala daerah kepada seluruh warga masyarakat kabupaten Seram Bagian Timur sebelum masa berakhirnya jabatan selama 5 tahun.

 

3. Koordinasikan dan aktifkan tim satgas covid 19 agar lebih intensif membangun komunikasi dan kolaborasi dengan KPU, Bawaslu, maupun aparat keamanan untuk menerapkan protokol kesehatan dengan tepat, mulai dari proses pencoblosan hingga sampai pada perhitungan suara di seluruh TPS di kabupaten Seram Bagian Timur.

 

4. Membangun komunikasi dengan seluruh jajaran Forkompimda kabupaten SBT untuk mempersiapkan langkah langkah keamanan menjelang 9 desember mendatang. 

 

5. Pastikan bahwa situasi Kambtimas benar benar melekat pada seluruh jajaran TNI polri, serta meminta kerja sama dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda dan seluruh masyarakat untuk dapat menggunakan hak demokrasinya dengan baik pada tanggal 9 Desember nanti.

 

Staf Ahli bidang pemerintahan provinsi Maluku itu juga meminta secara tegas kepada pihak penyelenggara KPU, Bawaslu, dan aparat kemanan agar dapat memegang teguh amanah yang diembankan oleh negara, bertindaklah secara jujur, adil, netral dan transparan, sebab prosedural dan kenyamanan pilkada 2020 ini sangat bergantung kepada pihak dimaksud. Tutup Saleh.

 

Diakhir sambutannya Saleh mengucapkan selamat kepada Abdul Mukti Keliobas yang telah kembali menjabat sebagai Bupati kabupaten Seram Bagian Timur dengan harapan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan sumpah janji jabatan. (HN-AMR)