Sembilan Partai Politik Dukung Tambahan Dapil di SBT

Sembilan Partai Politik Dukung Tambahan Dapil di SBT

BULA, hunimuanews.com- Sebanyak sembilan partai politik mendukung langkah KPUD SBT untuk melakukan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) di kabupaten Seram Bagian Timur. Tujuh partai tersebut diantaranya Partai Golkar PKPI, Partai Gerinda Partai Keadilan Sejahtera PKS, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Partai Amanat Nasional (PAN) PDIP Hanura dan Partai Bulan Bintang. 

 

Persetujuan tersebut disampaikan masing-masing pimpinan partai politik dalam giat Sosialisasi Penataan Daerah Pemilihan Dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kota Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 mendatang. Kegiatan tersebut berlangsung  di kantor KPUD setempat Jumat, (4/3/22).

 

Selain pimpinan partai, pernyataan yang sama juga dilontarkan oleh Bawaslu kabupaten Seram Bagian Timur yang diwakili oleh koordinator Devisi SDM Rosna Sehwaky. Bawaslu secara kelembagaan mendukung penuh langkah KPUD SBT dalam melakukan penataan Dapil jelang pemilu 2024.

 

Ketua KPUD SBT Kisman Kelian dalam paparanya menjelaskan, sosialisasi yang digelar pada kesempatan tersebut tentunya berdasarkan rapat koordinasi yang telah dilakukan antara KPU Provinsi dengan KPU kabupaten kota yang materinya spesifik terkait penataan daerah pemilihan yang menjadi kebutuhan pada pemilu 2024 mendatang. 

 

"Tentu pelaksanaan sosialisasi hari ini sama sama kita sudah lakukakan penataan dalam rapat koordinasi KPU Provinsi dan KPU kabupaten kota, yang materinya dipaparkan secara spesifik tentang penataan daerah pemilihan yang menjadi kebutuhan pada pemilu 2024," jelas Kisman

 

Dia mengungkapkan, secara kelembagaan dirinya bersama rekan-rekan komisioner KPUD memutuskan untuk dilakukan rapat sosialisasi  penataan dapil tersebut. Dengan demikian lanjut Kisman, hasil rapat tersebut akan menjadi referensi bagi mereka dengan memperhatikan ketentuan ketentuan lain dalam peraturan undang-undang nomor 7 agar dapat diputuskan penataan dapil perkecamatan di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

 

 

"Saya bersama rekan-rekan komisioner memutuskan untuk dilakukan kegiatan ini. Dan ini tentunya menjadi referensi bagi kami untuk dapat memutuskan pentaan daerah pemilihan di kabupaten SBT, " ungkapnya

 

Sementara ditempat yang sama Taib Wangsi  Koordinator Devisi (Kordiv) Teknis menerangkan, terkait penataan Daerah Pemilihan (Dapil) tentunya perlu diulas kembali tentang data agregat kependudukan semester satu tahun 2021. Sehinga lanjut dia,  penataan Dapil tersebut akan dilakukan dalam bentuk uji publik pada bulan september mendatang. 

 

"Jadi ini simulasi, kita kembali ke data agregat kependudukan semester satu 2021. ini baru data semester satu belum semester dua. Jadi penataan ini juga akan kita lakukan dalam bentuk uji publik pada bulan 9 mendatang," terangya

 

Sementara para pimpinan partai menyetujui langkah KPUD SBT dengan tetap menegaskan atensi mereka terhadap pimpinan dan anggota KPUD setempat agar terus memperhatikan prinsip dan ketentuan undang-undang dalam proses penataam dapil tersebut.

 

Mereka meminta, agar penataan dapil tidak saja dilakukan pada beberapa wilayah seperti kecamatan Werinama Siwalalat dan Kilmury saja. Melainkan Gorom Wakate juga perlu dilakukan hal yang sama. (HN-MR)