Sekda SBT : Kinerja ASN Belum Menggembirakan

Sekda SBT : Kinerja ASN Belum Menggembirakan

BULA, hunimuanews.com - Sekretaris Daerah  Seram Bagian Timur, Syarif Makmur mengatakan, kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah ini belum maksimal. Masih ada ASN yang perlu meningkatkan kedisiplinan.

 

Hal itu disampaikan Syarif Makmur kepada hunimuanews di sela buka puasa bersama jajaran Sekretariat Daerah Seram Bagian Timur di kediaman Sekda SBT, Sabtu (2/6).

 

“Kalau kita bicara kinerja, kasat mata yang saya lihat di lapangan memang kinerja kita ini kurang signifikan. Masih banyak yang perlu ditingkatkan. Disiplinnya masih rendah,”katanya.

 

Kendati begitu, Syarif Makmur mengakui, secara umum penyelenggaran pemerintahan daerah, kabupaten SBT dinilai baik oleh pemerintah provinsi Maluku dan pemerintah pusat. Daerah ini menempati urutan pertama di Maluku.

 

“Misalnya pelayanan dasar pendidikan yaitu penempatan guru. Walaupun belum sempurna, tapi penilaian provinsi dan pusat itu termasuk baik. Kemudian kesehatan, peningkatkan kualifikasi rumah sakit dari D menjadi C. Infrastruktur komunikasi dan informasi sudah melayani semua kecamatan,”jelasnya.

 

Ia berharap prestasi tersebut ditingkatkan. Seluruh ASN di daerah terus meningkatkan kedisiplinan dan kinerja. “Itu lah yang perlu saya sampaikan kepada ASN saya,”katanya.

 

Apalagi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berharap ASN di Indonesia dapat bersaing dengan negara lain, diantaranya Singapore, Thailand dan Jepang.

 

“Akan mengarah ke sana. Nah SBT sendiri, tadi yang saya bilang, walaupun belum menggembirkan, tetapi secara administratsi pemerintahan, kita mendapat pengharagaan. Misalnya pengelolaan keuangan masih lebih dari beberapa kabupaten lain. Kita sudah WDP (Wajar Dengan Pengecualian-red)." tuturnya

 

Terkait upaya formal dalam meningkatkan kinerja ASN di daerah ini, Syarif Makmur menegaskan, hal itu sudah dilakukan.

 

“Misalnya penandatanganan pakta integritas dengan semua pimpinan SKPD sudah kita lakukan. Bahkan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi-red) membuat semacam instrument rencana aksi penanggulangan korupsi. Itu sudah ada,”unkapnya

 

Berbagai upaya tersebut perlu didukung secara baik oleh seluruh ASN di daerah ini, sehingga harapan untuk terus memperbaiki kinerja dapat terwujud dengan lebih baik.(HN-MB)