Sejumlah Kepala UPTD di SBT Terima Blanko Ijazah Kelulusan Siswa SD

Sejumlah Kepala UPTD di SBT Terima Blanko Ijazah Kelulusan Siswa SD

BULA, hunimuanews.com-Sejumlah Kepala UPTD pada masing-masing kecamatan di kabupaten Seram Bagian Timur SBT menerima ribuan blanko ijazah siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) yang dinyatakan lulus pada Selasa 15 Juni 2021.

 

Blanko ijazah tersebut diserahkan langsung oleh Plt, Kepala Dinas Pendidikan Sidik Rumalowak di ruang layanan Dinas Pendidikan Jum'at pagi (25/6/21).

 

"Jumlah blanko yang kami serahkan ini sesuai dengan jumlah siswa yang lulus mengikuti ujian yakni 2.522 orang." Beber Rumalowak dalam arahannya.

 

Meski secara fisik semua blanko yang diserahkan ini dalam kondisi baik atau tidak rusak karena cacat dan sobek. Namun untuk mengantisipasi kesalahan saat penulisan, kepala sekolah pada masing-masing sekolah diberi interval waktu selama enam bulan untuk melaporkan jika terdapat blanko yang rusak akibat kesalahan dalam penulisan.

 

"Dinas pendidikan memiliki cadangan blanko untuk mengantisipasi kesalahan dalam penulisan ijazah," kata Rumalowak

 

Sementara itu kata Rumalowak, proses pergantian blanko ini harus disertai berita acara serta dokumen blanko yang rusak itu, harus dikembalikan lagi ke dinas pendidikan setempat.

 

Sebaliknya jika dalam kurun waktu enam bulan, blanko cadangan ini tidak lagi digunakan karena ternyata tidak ada lagi laporan kesalahan penulisan ijazah yang diterima dari sekolah-sekolah, maka pihaknya menurut mantan Ketua KPUD dua periode ini dengan segera mengundang pihak kepolisian untuk dilakukan pemusnahan. (HN-MR