DPRD Berharap KPUD dan Panwas Bekerja Maksimal

DPRD Berharap KPUD dan Panwas Bekerja Maksimal

BULA, hunimuanews - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) kabupaten Seram Bagian Timur bekerja maksimal, menyukseskan Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Maluku 27 Juni 2018.

 

Harapan tersebut disampaikan Sekretaris Komsi C DPRD Seram Bagian Timur, Achmad Voth kepada wartawan, Selasa (26/6)/

 

“Kami berharap, penyelenggara dalam halam hal ini KPU hingga di tingkat bawah  dalam melaksanakan semua tahapan, agar jangan sampai hak-hak masyarakat itu teramputasi akibat dari persyaratan yang tidak dipenuhi,”ungkapnya.

 

Dikatakan, sebagai pengaman regulasi, pihaknya di DPRD Seram Bagian Timur juga melihat semua hal terkait Pilkada serentak tahun 2018, diantaranya tentang edaran KPUD tanggal 8 Juni 2018.

 

“Edaran KPU tanggal 8 Juni 2018 telah membuak ruang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,”katanya.

 

Sehingga, pada saat hari pemungutan suara, kalau masyarakat tidak menunjukkan e-KTP maupun surat keterangan, cukup dengan menunjukkan formulir C-6KWK.

 

“Yang membenarkan bahwa mereka adalah warga setempat dan berhak untuk melakukan pencoblosan,”ingatnya.

 

Diberitakan sebelumnya, warga yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Eletronik (KTP-el), dapat menggunakan hak pilih pada Pilkada serentak 2018. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat telah mengeluarkan surat edaran yang mengatur tentang hal tersebut.

 

Hal tersebut diatur dalam surat edaran KPU Pusat nomor 574/ PL.03.6/ SD/ 06/ KPU/VI/ 2018 tertanggal 8 Juni 2018, perihal penyelenggaran pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan 2018.

 

Disebutkan pada angka 2 huruf a surat edaran tersebut, dalam memberikan suara di TPS, pemilih menunjukkan formulir model C6-KWK dan menunjukan KTP-el atau surat ketarangan kepada KPPS.

 

“Dalam hal pemilih yang terdaftar dalam DPT sebagaimana disebutkan dalam angka 2 huruf a tidak dapat menunjukkan KTP-el atau Surat Keterangan, diperbolehkan menggunakan hak pilihnya dengan ketentuan petugas KPPS memastikan bahwa formulir model C6-KWK yang dibawa sesuai dengan pemilih yang bersangkutan,”demikian bunyi penjelasan pada angka 2 huruf b surat edaran tersebut

 

Achmat Voth melanjutkan, pihaknya juga berharap Panwaslu kabupaten SBT perlu melakukan pengawasan secara maksimal pada semua tahapan pemilihan. “ Sehingga, proses pemilihan diharapkan berjalan dengan baik,”ujarnya.(GR)