Satu SD di Kec. Siritaun Laksanakan US Berbasis Android

Satu SD di Kec. Siritaun Laksanakan US Berbasis Android

BULA, hunimuanews.com- Satu-satunya Sekolah Dasar (SD) Negeri 4 di kecamatan Siritaun Wida Timur kabupaten Seram Bagian Timur (SBT)  melaksanakan Ujian Sekolah berbasis Android pada tahun ajaran 2021/2022. Sementara SD lain di kecamatan tersebut masih melaksanakan ujian secara manual. 

 

Hal ini terlihat setelah para peserta ujian mengikuti upacara  pemasangan tanda pengenal ujian oleh pengawas Dikbudpora SBT Senin, (23/5/22). 

 

Diketahui para siswa  yang mengikuti ujian tersebut berjumlah 11 peserta. Siswa pun disediakan 11 choreombok android untuk melaksanakan ujian dengan dua mata pelajaran per hari. 

 

Kepala UPTD Kecamatan Siritaun Wida Timur Mustafa Rumakabis dalam arahanya menggatakan, secara kelembagaan pihaknya mengapresiasi langkah inisiasi ujian sekolah berbasis android yang dilaksanakan oleh SD Negeri 4 Siritaun Wida Timur. Menurutnya, SD negeri 4 merupakan satu dari 6 Sekolah tingkat dasar di kecamatan setempat yang berhasil melaksanakan ujian sekolah berbasis android pada tahun 2022. 

 

"Secara kelembagaan kami mengapresiasi pelaksanaan ujian sekolah kali ini yang di laksanakan oleh siswa SD negeri 4 Siritaun Wida Timur berbasis komputer. Sementara sekolah lain dikecamatan ini masih melaksanakan ujian dengan menggunakan kertas alias manual, " katanya

 

Dia menegaskan, seiring dengan tersedianya ruang digital yang berkembang dari tahun ke tahun, mestinya para siswa digenjot menguasai ITE lebih khususnya untuk menjemput datangnya momen pelaksanaan ujian berbasis komputer seperti saat ini. 

 

"Saya suda tegaskan dimana-mana, bahwa jaman sekarang kita sudah diberi ruang digital. Kita dituntut untuk menguasai informasi secara online, lebih khususnya penguasaan ITE pada saat ujian seperti ini' "tegasnya

 

Sementara Plt, Kepala Sekolah (Kepsek) SD Negeri 4 Siritaun Wida Timur Baharudin Kwaikamtelat kepada awak media mengungkapkan, kesediaan pihaknya untuk melaksanakan ujian sekolah berbasis android pada tahun 2022 ini cukup ditekan oleh waktu. Meski begitu, suasana ujian yang dilaksanakan pada kesempatan tersebut merupakan ujian perdana sekaligus satu inovasi baru yang dilakukan.

 

"Upaya untuk siswa kami mengikuti pelatihan ujian berbasis kumpter ini hanya membutuhkan waktu satu hari untuk simulasi, yaitu pada minggu kemarin dan ini perdana bagi kami" ungkapnya 

 

Dikatakan, kesediaan siswanya untuk melaksanakan ujian berbasis komputer itu hanya membutuhkan waktu satu hari untuk simulasi. Menurutnya, walaupun dengan segala keterbatasan, namun dirinya berupaya keras agar siswanya dapat melaksanakan ujian berbasis andorid. 

 

"Dengan adanya kondisi seperti ini, saya berani untuk mencoba, apakah siswa kami dapat melaksanakan ujian berbasis ITE ini atau tidak,  alhamdulillah ujin ini berjalan dengan lancar, " tandasnya

 

Selain itu dirinya turut mengapresiasi langkah kerja sama yang diambil oleh kepala Sekolah SMP Negeri 11 SBT Hasanudin Rumakabis yang mana telah berkontribusi penuh atas kelancaran ujian sekolah berbasis komputer di SD Negeri 4 Siritaun Wida Timur itu. 

 

"Saya atas nama kepala sekolah SD 4 mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah SMP 11 SBT yang telah iklas membantu kami dalam proses pelaksanaan Ujian sekolah berbasis komputer ini, " jelasnya

 

Sementara dua teknisi asal SMP 11 SBT Iskandar Rumatumerik dan Jasman Rumadaul mengaku, saat pengawasan tengah dilakukan, pihaknya tidak menemui kendala apapun, baik kendala secara teknis maupun kendala fisik pada peserta ujian. 

 

"Alhamdulillah siswa tidak mengalami kendala apapun ujian berjalan lancar, "ujar salah satu teknisi Iskandar Rumatumerik

 

Diketahui pada pembukaan ujian tersebut dihadiri Kepala UPTD Siritaun Wida Timur, perwakilan pengawas Dinas Pendidikan kabupaten SBT, para dewan guru dan seluruh orang tua wali murid. (HN-MR)