Satgas Covid 19, Gelar Vaksinasi Perdana di SBT

Satgas Covid 19, Gelar Vaksinasi Perdana di SBT

BULA, hunimuanews.com-Satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid 19 menggelar kegiatan pencanangan vaksinasi perdana di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Kamis (04/02/2021) bagi seluruh pegawai negeri sipil (PNS), jajaran forkopimda SBT, TNI, Polri, pejabat publik, tenaga kesehatan dan seluruh tamu undangan yang turut hadir pada kesempatan itu.

 

Kegiatan tersebut berlangsung di depan Ruang Aula RSUD Bula, dengan dihadiri Bupati Seram bagian timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas yang diwakili sekertaris daerah (Sekda) Syarif Makmur, Wakil ketua II DPRD SBT Ahmad Voth, Kejari SBT, Kapolres Seram bagian timur, perwira penghubung 1502 Masohi yang diwakili Denramil Bula, ketua pengadilan negeri dataran Hunimua, kepala Kemenag SBT, dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) seram bagian timur.

 

Ketua satuan tugas (Satgas) percepatan penanganan Covid 19 SBT Usman Keliobas dalam laporannya mengatakan tujuan utama pencanangan vaksinasi perdana di SBT ini adalah untuk mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat Covid 19, serta mengurangi transisi pandemi Covid 19 selama satu tahun berjalan.


Selain itu kepala badan nasional penangulangan bencana (BNPB) itu menyebutkan, kasus Covid 19 pertama kali terjadi di SBT pada bulan Mei 2020 terdapat 4 kasus yang merupakan pasien dengan pelaku perjalanan dari kota ambon , kemudian melonjak pada bulan Juli 2020 sebanyak 29 kasus, lanjut melaju pada bulan bulan berikutnya hingga terhitung kasus Covid 19 yang terkonfirmasi pada tahun 2020 lalu sebanyak 44 kasus.


Diketahui mekanisme jalanya vaksinasi tersebut dilakukan dengan menggunakan empat tahap diantaranya registrasi data diri penerima Vaksin dengan tahap awal pengecekan tekanan darah bagi yang bersedia divaksin, ditelusuri kondisi kesehatan dengan cara mengetahui penyakit bawaan yang dialami penerima Vaksin, serta proses suntikan vaksin pada tubuh penerima, dan yang terahir penerima cetakan kartu penerima suntikan vaksin sebagai bukti bahwa yang bersangkutan benar benar menerima suntikan vaksin.


Berdasarkan pantauan hunimuanews pada kesempatan itu, terdapat beberapa pimpinan instansi yang sementara itu bersedia untuk divaksin, diantaranya kepala bidang (Kabid) pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinas kesehatan kabupaten seram bagian timur Samun Rumakabis sebagai orang pertama penerima Vaksin, Wakil ketua II DPRD SBT Ahmad Voth, Kejari SBT Muhamad Ilham, Perwira Penghubung 1502 dan pimpinan instansi lainya.


Ketua Satgas Covid 19 Usman Keliobas diakahir Laporannya ia berharap, dengan adanya pencanangan vaksinasi perdana ini dapat melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh serta menjaga produktifitas dan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap kondisi sosial dan ekonomi di kabupaten Seram Bagian Timur. (HN-amr)