Sampah dan Tata Lingkungan, Hoedrawi : Butuh Solusi Semua Pihak

Sampah dan Tata Lingkungan, Hoedrawi : Butuh Solusi Semua Pihak

BULA, hunimuanews.com-Pelaksana Harian (Plh) Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Seram Bagian Timur, Ilham Hoedrawi mengatakan, soal penanganan sampah dan tata kelola lingkungan, khususnya kota Bula dibutuhkan solusi dari semua pihak termasuk masyarakat, guna mencegah volume sampah yang berserakan, serta tata kelola lingkungan yang tidak teratur.


Ungkapan itu disampaikan Ilham, dalam forum diskusi yang bertema "Sampah dan Tata Lingkungan" yang berlangsung di kedai Revolusi. Kamis malam (08/04/2021).


Hoedrawi pada kesempatan itu bertindak sebagai narasumber dalam diskusi itu menjelaskan, untuk penanganan sampah di kabupaten SBT khususnya Bula dan sekitarnya dibutuhkan kerja sama, sebab menurutnya lanjut Ilham, dirinya baru saja di tugaskan oleh Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas beberap minggu lalu sebagai Plt Dinas Lingkungan Hidup, tentunya membutuhkan banyak saran pendapat dan kerja sama dalam persoalan dimaksud.


"Beta seng punya pengetahuan dan pengalaman lebih soal penanganan sampah dan tata lingkungan ini, untuk itu beta butuh saran dan masukan dari semua untuk menyelesaikan persoalan ini" Ungkap Hoedrawi


Hoedrawi yang juga sebagai Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) SBT ini menuturkan, penataan lingkungan tidak hanya berpusat di kota Bula saja, melainkan penataan itu dapat menjangkau seluruh wilayah di Kabupaten Seram Bagian Timur.

 

"Dinas Lingkungan hidup tidak bisa fokus pada satu titik saja, namun harus fokus pada daerah daerah lain". Pungkasnya


Sejalan dengan hal itu, Saman Keliata salah satu Mahasiswa Pecinta Alam mengungkapkan, sampah dan penataan lingkungan merupakan masalah kursial yang mestinya disikapi secara bersama dengan mengedepankan kesadaran masing masing orang termasuk anggota DPRD Seram Bagian Timur.


"Harusnya bapa-bapa anggota DPR juga turut hadir dalam diskusi ini agar mereka bisa bicara soal penanganan sampah dan penataan lingkungan di kota kabupaten ini". Ungkap Saman


Saman yang juga Mahasiswa Stais Seram Timur ini, menawarkan solusinya kepada Plt Dinas Lingkungan Hidup Ilham Hoedrawi, dalam penanganan sampah termasuk penataan lingkungan hidup di kota Bula, secara spontan ia mengungkapkan, dirinya bersama anggota Mapala lainya siap dilibatkan untuk membantu dinas terkait dalam persoalan tersebut.


"Untuk penaganan sampah dan penataan lingkungan, di kota Bula ini, kami mahasiswa pecinta alam siap membantu dan siap dipakai secara fisik kami tetap siap". Tegasnya

 

Ia berharap agar semua itu berjalan secara maksimal, dibutuhkan komunikasi dan kerja sama yang baik antara semua elemen yang terlibat dalam penanganan sampah dan tata kelola lingkungan. (HN-MR)