Sambut Natal & Tahun Baru, Polres SBT Bakal Gelar Operasi Lilin

Sambut Natal & Tahun Baru, Polres SBT Bakal Gelar Operasi Lilin

BULA, hunimuanews.com-Dalam menyambut perayaan natal yang akan dilaksankan oleh umat kristiani pada tanggal 25 Desember 2021 sekaligus menyambut Tahun Baru 2022 mendatang, Kepolisian Resor (Polres) Seram Bagian Timur (SBT) bakal mengadakan Operasi Lilin. 

 

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolres SBT Andre Sukendar kepada wartawan saat ditemui dalam sela-sela memantau vaksinasi yang berlangsung di Gedung Serba Guna Bula Dinas Kesehatan Kamis,  (16/21).

 

Andre menjelaskan, jelang dua mometum perayaan natal dan tahun baru,  pihaknya berencana mengadakan operasi gabungan pada beberapa titik dalam kota Bula dan sekitarnya. Hal itu lanjut Andre, guna menciptakan suasana yang kondisif dan nyaman dalam lingkungan masyarakat.

 

"Menjelang Natal dan Tahun Baru ini,  kami dari jajaran Polres SBT berupaya menciptakan kondisi yang aman kondusif, melalui kesiapan kegiatan operasi yang tengah kami laksanakan, " jelas Andre

 

Dikatakan, situasi pengamanan jelang Natal akan di laksanakan dibeberapa kecamatan. Terutama dalam kota Bula,  kecamatan Siwalalat, Teor dan beberapa wilayah lain yang memiliki penduduk nonmuslim. Tentunya lanjut dia, kondisi tersebut akan dimaksimalkan saat pelaksanaan ibadah Natal bagi umat kriatiani yang tengah dilaksanakan pada kesempatan tersebut . 

 

"Pada beberapa tempat yang kita ketahui ada saudara saudara kita yang beragama nasrani, pada tempat tempat itulah akan kita lakukan pengamanan kegiatan yang dapat meningkatkan kondisi yang aman dan nyaman disaat mereka beribadah, "ujar Andre

 

Sementara operasi Lilin yang akan dilakukan oleh jajaran Polres SBT itu, pihaknya menegasakan akan mendatangi langsung beberapa titik yang kini menjadi perhatian mereka. Sebab diketahui sering adanya aktifitas masyarakat yang dinilai dapat menganggu situasi dan kondisi serta aktifitas masyarakat lainya. 

 

"Ada beberapa titik atau tempat yang akan kami datangi. Kita ciptakan situasi menjelang natal dan tahun baru ini semaksimal mungkin, mungkin ada masyarakat atau pemuda yang sering mengkonsumsi miras pada tempat-tempat itu, segera kita bubarkan," jelasnya

 

Sebelum direncanakan Operasi Lilin pada malam tahun baru 2022 nantinya, semula telah dilakukan operasi-operasi lainya. Semisal operasi Antik, operasi Pekat (Penyakit Masyarakat) guna mengantisipasi terhadap aktifitas masyarakat yang cenderung terjadi pada kegiatan perjudian, prostitusi, pasangan mesum, premanisme serta mengkonsumsi minum keras (Miras) Narkoba, dan sejenisnya. 

 

Disamping itu,malam pergantian tahun nantinya, jajaran Kepolisian Resor (Polres) SBT akan membatasi mobilisasi masyarakat yang belum divaksin. Hal itu dilakukan tidak dengan maksud melarang atau membatasi aktifitas mereka,  namun lebih daripada memberikan pemahaman untuk segera divaksin. 

 

"Selain kami datangi beberapa tempat, Kita juga akan membatasi mobilisasi masyarakat yang belum divaksin. Kami tidak bermaksud membatasi aktifitas mereka, tapi kami berharap agar mereka segera divaksin," harap Andre (HN-MR