SAKIP SBT Peroleh Predikat "C", Perangkat Daerah Diminta Tingkatkan Kinerja

SAKIP SBT Peroleh Predikat "C", Perangkat Daerah Diminta Tingkatkan Kinerja

BULA, hunimuanews.com-Peroleh Predikat C, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT) diminta agar lebih meningkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di tahun 2021.

 

Peningkatan (SAKIP) itu, dilaksanakan melalui Bimbingan Teknik (Bimtek) Penyusunan Laporan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang berlangsung di Hotel Surya Bula, Sabtu (9/10/21).

 

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Seram Bagian Timur SBT Idris Rumalutur, didampingi Asisten I Idrus Boufakar, Sekretaris Daerah (Sekda) Djafar Kwairumaratu Kepala Inspektorat kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) 

Nasarudin Tianotak, para pimpinan OPD, Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan Bula, serta dihadiri para peserta Bimtek.

 

Adapun Bimbingan Teknik (Bimtek) Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) itu menghadirkan narasumber dari Inspektorat Provinsi Maluku D. Papilaya, S.Sos, M.Si dan Nur Lutfiah Rumarey Wattimena, S.E.

 

Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur menjelaskan, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada tahun 2020 berpredikat C dengan skor peringkat ke empat dari predikat terbaik.

 

Dikatakan, pemerolehan nilai yang tidak memuaskan itu, bermula dari kinerja serta interprestasi perangkat daerah yang terlihat minim. Olehnya itu perlu dilakukan perbaikan secara maksimal bahkan diadakan perubahan yang mendasar.

 

"Predikat SAKIP ini harus menjadi warning bagi pemerintah kabupaten SBT, terutama pada kinerja perangkat daerah, salahnya apa, kekurangannya dimana, apa yang harus diperbaiki dan apa yang harus dilakukan," ungkapnya

 

Dia menegaskan, upaya menuju SAKIP kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) untuk memperoleh predikat terbaik, bukanlah hal yang mudah. Menurutnya, untuk mencapai target tersebut, mesti didasari dengan ketelitian semua perangkat daerah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan bahkan sampai pada evaluasi program.

 

"Perangkat daerah harus menyusun langkah langkah perbaikan, dalam rangka peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun anggaran 2021," pintanya

 

Lanjut dikatakan, perbaikan SAKIP kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mesti fokus terhadap peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu, sebagai bentuk "Action Plan" melalui rekomendasi KemenPAN-RB, maka Bimtek yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja perangkat daerah dalam perbaikan SAKIP itu penting diberlakukan.

 

Untuk memperbaiki kekurangan dalam roda pemerintahan di bumi Ita Wotu Nusa ini, dibutuhkan komitmen dan kerja sama antar sesama perangkat daerah, guna melaksanakan satu prinsip utama "Good Governance" yang akuntabel transparan efektif dan efisien. (HN-MR