Rumbouw : Pembangunan Ekonomi Perlu Berbasis SDA

Rumbouw : Pembangunan Ekonomi Perlu Berbasis SDA

BULA,Hunimuanews.com- Pembangunan ekonomi di  kabupaten Seram Bagian Timur sudah harus berbasis sumber daya alam (SDA). Pemerintah daerah perlu menaruh perhatian lebih serius pada kekayaan alam, guna memperbesar peluang meningkatnya kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

 

Hal tersebut disampaikan oleh salah satu tokoh pemuda kabupaten SBT, Hanafi Rumbouw usai diskusi Kebangsaan yang digelar oleh DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten SBT di Bula, Rabu (15/8).

 

Wakil Sekretaris DPC partai Demokrat kabupaten SBT ini menyebutkan,  daerah ini memiliki   sumber daya alam yang  potensial, diantaranya potensi perikanan, pertanian serta pariwisata.

 

“Itu adalah kekayaan alam yang perlu dimanfaatkan secara lebih baik lagi,”ungkapnya kepada wartawan usai diskusi bertema “ Membaca Arah Kebijakan Daerah untuk SBT Yang Lebih Baik” tersebut.

 

Rumbouw yang juga pengurus DPD KNPI kabupaten SBT ini mengaku optimis, bila potensi sumber daya alam digarap lebih baik lagi, kesejahteraan masyarakat di daerah ini sangat berpeluang meningkat lebih cepat.

 

“Pertama, lapangan kerja akan terbuka lebih luas karena ada penyerapan tenaga kerja di sektor-sektor tersebut. Dan ini sesuai dengan dengan program prioritas pak bupati dan pak wakil bupati, terutama membuka lapangan kerja,”katanya.

 

Karena itu, Rumbouw menegaskan, pemerintah daerah perlu menempatkan sektor tersebut pada skala prioritas dalam agenda pembangunan ekonomi daerah ini.

 

“Dengan semangat yang sama,  perlu ada sektor yang dijadikan  Icon daerah ini. Misalnya, sektor Pariwisata,"ujar Rumbouw.

 

Potensi Pariwisata tersebar di hampir semua Kecamatan, baik wisata bahari maupun wisata budaya. Bila lebih diseriusi dengan penyediaan infrastruktur yang memadai serta promosi yang lebih baik, akan menjadi Icon daerah serta menjadi sektor yang menyumbang pendapatan lebih besar bagi daerah dan masyarakat.

 

“Karena, ketika orang sebut SBT, jadi ingat Wisata kita. Orang dari luar akan tertarik untuk datang ke daerah ini. Nah, itu peluang kita untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah-red). Bila perlu, pemerintah mengajak investor untuk berinvestasi di sektor ini.Hal yang sama juga dapat dilakukan untuk sektor Perikanan dan Pertanian tanpa mengabaikan persiapan sumber daya manusia,"pungkasnya.(MB)