Rumakabis Serap Aspirasi Dua Desa di Kec. Siritaun Wida Timur

Rumakabis Serap Aspirasi Dua Desa di Kec. Siritaun Wida Timur

BULA, hunimuanews.com-Melalui reses Ke-II tahun sidang 2021, anggota DPRD SBT Samad Rumakabis menyerap berbagai aspirasi dan keluhan masyarakat pada dua Desa di kecamatan Siritaun Wida Timur. Dua desa tersebut diantaranya desa Administratif Salagur Air dan desa Administratif Salagur Kota.

 

Lewat agenda reses itu Rumakabis memilih desa Salagur Air sebagai lokus Reses. Menurutnya Desa Salagur Air merupakan salah satu wilayah integral di kecamatan Siritaun Wida Timur. Disamping itu ia berharap masyarakat dapat menyampaikan keluhan mereka melalui kesempatan tersebut agar menjadi catatan khusus baginya dan siap untuk dipertanggung jawabkan di parlemen nantinya.

 

"Reses kali ini saya memilih Desa Salagur Air sebagai lokus kegiatan ini, kebetulan 2019 lalu masyarakat Salagur Air juga memberikan dukungan politik kepada saya, untuk itu kehadiran ini sekaligus mendengar suara hati masyarakat Salagur Air maupun Salagur Kota," ucap Rumakabis dalam mengawali sambutannya dalam kegiatan Reses Ke-II tahun sidang 2021 di Desa Administratif Salagur Air Sabtu, (28/8/21).

 

Dijelaskan Rumakabis, dalam melaksanakan tugas tugas kedewanan salah satunya agenda Reses itu, dirinya menghimbau agar masyarakat tidak enggang menyampaikan segala keluh kesahnya. Selain menampung aspirasi masyarakat, Rumakabis berupaya semaksimal mungkin menindaklanjuti kepentingan masyarakat yang disampaikan itu.

 

"Tolong manfaatkan agenda Reses ini, sebab ini cukup penting, dimana kami langsung bertemu dengan konstituen atau masyarakat, tolong dimanfaatkan,"ujarnya

 

Dikesempatan yang sama politisi partai Amanat Nasional ini mendengar secara langsung keluhan masyarakat. Deretan masalah yang dipaparkan itu diantaranya masalah kesehatan masyarakat, pendidikan, termasuk kondisi pemerintahan pada tingkat desa yang dinilai tidak maksimal. Seluruh aspirasi itupun tersampaikan secara ril.

​​​​​​

"Tahun ini kami berharap kepada bapak DPR agar secepatnya lakukan pemilihan kepala desa definitif sebab semua desa dari Aruan sampai Gaur tidak ada kepala desa sampai saat ini," tegas salah satu warga masyarakat desa Salagor Kota Syarifudin Rumain yang turut hadir pada kesempatan itu.

 

Dia menandaskan, sejauh ini kondisi pemerintahan pada setiap desa masih dipimpin penjabat kepala desa. Hal itu menurutnya terdapat indikasi politik dan kepentingan yang kian memanas hingga terkadang berpengaruh buruk terhadap hubungan solidaritas masyarakat.

 

Selain itu, kendala lainnya berupa kesehatan dan pendidikan pun turut disampaikan, baik dari sisi pelayanan maupun ketersediaan sarana dan prasana yang dinilai kurang memadai di wilayah tersebut. Hal itu tentunya menjadi catatan dengan harapan dapat direalisasikan. 

 

Menilisik semua persoalan itu Wakil Ketua Komisi C DPRD SBT Samad Rumakabis langsung menanggapi semua keluhan tersebut dengan berjanji hal menjadi poin penting itu akan diperioritaskan dalam paripurna nantinya.

 

Diketahui reses tersebut berlangsung sederhana warga setempat pun mengikuti kegiatan itu dengan penuh antusias serta menaati prtokoler kesehatan (Prokes). 

 

Hadir dalam reses tersebut Wakil Ketua Komisi C DPRD SBT Samad Rumakabis, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Samun Rumakabis, Kapospol Siritaun Wida Timur Abdul Halik Siasaun,Kepala UPTD kecamatan Siritaun Wida Timur Mustafa Rumakabis, Penjabat Desa Salagur Kota, para perangkat Desa Administratif Salagur Air dan Desa Salagur Kota. (HN-MR