Ridwan Rumonin : Prioritas Dana Desa Untuk Pemberdayaan

Ridwan Rumonin :  Prioritas Dana Desa Untuk Pemberdayaan

Bula SBT, hunimuanews - Program pemberdayaan masyarakat  mendapat perhatian serius jajaran pemerintah di kecamatan Bula Barat dalam pengelolaan dana desa, sebagaimana yang telah di sampaikan Bupati Mukti Keliobas bahwa program dana desa suda seharusnya di prioritaskan untuk pemberdayaan berbasis potensi desa.

Kepala wilayah kecamatan Bula Barat, Ridwan Rumonin mengatakan, perhatian serius pada program pemberdayaan masyarakat merupakan dampak dari perubahan paradigama pembangunan yang diterapkan di wilayah itu, terutama dalam hal pengelolaan dana desa.

“Sebelumnya, dana desa untuk program fisik sebesar 60 persen sementara dan program pemberdayaan  hanya 40 persen. Tapi, sejak tahun 2017, paradigma itu kita rubah. Dana untuk program pemberdayaan 60 persen semementara program fisik atau lainya 40 persen,”ungkap Rumonin pada acara pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah negeri, Rabu (24/1).

Lebih lanjut Rumonin mengungkapkan, saat ini program pemberdayaan melalui dana desa telah dilaksanakan di sejumlah desa di wilayah itu, diantarannya  di Negeri Administratif Jembatan Basah yakni dengan memberdayakan para petani setempat.

“Ini menjadi program pemberdayaan menjadi prioritas di kecamatan Bula Barat. Dan semoga itu akan mendorong ekonomi masyarakat di desa,”Tandasnya.

Karena itu, Rumonin berharap, prioritas pemberdayaan masyarakat dapat dijalankan secara baik di setiap desa dan didukung oleh semua pihak terkait, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat meningkat lebih cepat.

Sebelum tahun 2017, paradigma pengelolaan dana desa masih berkutat pada program fisik. Namun, sejak tahun 2017, paradigm itu dirubah dengan menempatkan program pemberdyaan masyarakat pada skala prioritas serta didukung dengan jumlah dana yang lebih besar. (HN - MansyurB)