Program JKN di SBT, Wabup Minta Sejumlah Pemangku Kepentingan Tingkatkan Mitra Kerja

Program JKN di SBT, Wabup Minta Sejumlah Pemangku Kepentingan Tingkatkan Mitra Kerja

BULA, hunimuanews.com-Dalam meningkatkan Program Kerja (Proker) Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun 2021 di kabupaten Seram Bagian Timur Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur meminta sejumlah pemangku kepentingan daerah yang berasal dari beberapa OPD terkait agar lebih meningkatkan mitra kerjasama dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat.


Peningkatkan mitra kerja sama itu di sampaikan Wabup Idris Rumalutur dalam sambutannya  saat membuka secara resmi rapat Forum Komunikasi Tingkat Utama (FKTU) lingkup pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur yang digelar di kantor Bupati SBT Rabu, (14/07/21).

 

Wabub dalam sambutannya mengatakan, forum komunikasi ini dibentuk sebagai wadah untuk memproteksi setiap kendala yang berkaitan dengan pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional masyarakat, sekaligus melalui forum tersebut dimanfaatkan untuk membahas masalah masalah dimaksud.

 

"Melalui kesempatan ini saya sangat harapkan kemitraan yang baik, intensif yang terjalin diantara kita semua selaku pemangku kepentingan," kata Wabup

 

Wabub membeberkan, berdasarkan data dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan, pertumbuhan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) kini mencapai 92.427 jiwa atau sebesar 67.73 % dari total penduduk 136.467 jiwa. Dengan begitu lanjut Wabup, hal ini menjadi tugas kolektif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) guna menjadikan kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa itu mencapai Universal Health Converagi (UHC).

 

"Dengan Pertumbuhan jumlah peserta JKN di daerah ini tentunya harus di barengi dengan kerja tuntas yang kita lakukan untuk kabupaten SBT ini ke depan," bebernya

 

Ia berharap, melalui forum komunikasi yang dibentuk itu, muncul solusi permasalahan dan ide-ide terobosan dari beberapa pemangku kepentingan untuk mendukung jalannya program JKN-KIS yang berkualitas di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

 

Diketahui terdapat tiga poin utama yang dinilai cukup strategis dalam tujuan diadakan forum dimaksud diantaranya, tercapai pemahaman yang sama dalam program Jaminan Kesehatan Nasional, penyampaian saran dan gagasan dalam memecahkan masalah, serta mempermudah koordinasi antar unsur pemangku kepentingan di lingkup pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur.

 

Hadir dalam rapat tersebut, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur sebagai pimpinan rapat, Sekretaris Daerah SBT Jafar Kwairumaratu, Kabag Hukum SBT Mohtar Rumadan, Kepala Dinas Pendidikan SBT Sidik Rumalowak, serta sejumlah pimpinan OPD selaku Pemangku Kepentingan dalam Forum Komunikasi tersebut. (HN-MR)