Plt Sidik Rumalowak: Tahun Ini SMPN 11 SBT Peroleh Marching Band

Plt Sidik Rumalowak: Tahun Ini SMPN 11 SBT Peroleh Marching Band

BULA, hunimuanews.com-Pelaksana Tugas (Plt) Dinas pendidikan kebudayaan pemuda dan olahraga (Dispudpora) SBT Sidik Rumalowak mengatakan di tahun 2021 SMPN 11 SBT kecamatan Sirittaun Wida Timur kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) bakal memperoleh satu paket (Marching Band) yang yang sumber anggarannya melalui Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dispudpora) yang juga disetujui oleh pemerintah daerah (Pemda) SBT.

 

Hal itu disampaikan saat Rumalowak usai melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) pada beberapa sekolah di kecamatan Kiandarat Selasa, (09/02/21) dan melanjutkan kegiatan lanjutan yakni Sosialisasi Jumat Sedekah pada hari yang sama di SMPN 11 SBT Kecamatan Sirittaun Wida Timur.


Rumalowak dalam kesempatan itu, selain memberikan penjelasan penting mengenai sosialisasi Jum'at Sedekah kepada siswa dan guru, sekilas ia memberitahukan kepada semua undangan yang hadir bahwa di tahun 2021 SMPN 11 SBT bakal menerima alat drum band (Marching band) yang diperuntukkan bagi siswa siswi SMPN 11 SBT untuk dapat dipelajari dan dipergunakan pada kegiatan kegiatan tertentu.

 

" Ini satu satunya sekolah di jezirah ukar lean (Gunung besar) yang pertama kali mendapatkan drum band atau marcing band ini, yang anggarannya sekitar 200 juta'". Kata Rumalowak sambil membakar semangat guru guru dan siswa SMPN 11 SBT.

 

Diketahui marching band merupakan salah satu unit kegiatan siswa yang bergerak dibidang seni. Selain itu merupakan wadah bagi siswa untuk berkreasi, beraspirasi, dan berprestasi yang mengarah kepada pengembangkan kepribadian siswa dan terus berusaha dalam pengembangan pada diri siswa. Kegiatan yang dilakukan dalam unit marching band tentunya tidak terlepas dari usaha untuk menciptakan, menumbuhkan serta mengembangkan rasa kekeluargaan dan membina rasa cinta terhadap almamater.


Dikatakan upaya dalam menghadirkan satu unit marching band pada SMPN 11 SBT itu agar menjadi contoh bagi sekolah lain di dataran Tutuk Toluolu hingga kecamatan Kilmuri kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang dapat dipelajari oleh seluruh siswa siswi yang ingin mengasah minat dan bakatnya di bidang seni.

 

" Beta bayangkan jika satu kelak beta pimpin upacara hardiknas di kecamatan Sirittaun Wida Timur ini, lalu kemudian beta lia siswa siswi ini berdiri dengan baju kebesaran sambil membawa drum band seperti di kota kota besar". Pungkasnya dengan nada gembira


Selain itu menurut ketua PGRI SBT ini, ia memilih SMPN 11 SBT untuk menempatkan peralatan marching band tersebut dengan satu alasan konkrit. Ia melihat bakat dan kemampuan yang dimiliki salah satu tenaga pendidik pada SMPN 11 SBT Iksan Rumaru yang diketahui jejak rekam Iksan pernah melatih siswa-siswi pada salah satu sekolah ternama di Kabupaten Seram Bagian Timur yakni SMA Negeri 1 Seram Bagian Timur kecamatan Seram Timur, hingga sekolah tersebut tampil pada event resmi yang diwarnai dengan penampilan marching bandnya.

 

" Ini mantan siswa saya dulu, waktu itu saya kegiatan pertama disini saya ketemu, Saya tanya kamu tugas disini.? masih punya kemampuan main drum band? jawabnya Iya masih, ya sudah anda siap kita datangkan drum bandnya kesini, tugas kamu latih siswa siswi ini sampai mereka tahu". Pungkasnya


Rumalowak menambahkan, selain bantuan (Drum band) dari pihaknya, Ketua Komisi C DPRD SBT Abdullah Kelilauw pekan lalu juga turut serta mengalokasikan sebagian dana aspirasinya untuk membantu pembangunan ruang pelatihan komputer pada SMPN 11 Seram Bagian Timur (SBT) kecamatan Sirittaun Wida Timur. (HN-Musakrim)