Penyusunan Arsip Butuh Keahlian Khusus

Penyusunan Arsip Butuh Keahlian Khusus

BULA,hunimuanews.com-Bupati kabupaten Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas mengatakan, penyusunan arsip pemerintah perlu dilakukan secara baik. Karena itu, membutuhkan keahlian khusus.

 

Hal tersebut disampaikan Keliobas melalui sambutan tertulisnya  yang dibacakan Asisten I Setda, Hasan Suwakul pada saat Sosialisasi Peraturan bupati kabupaten SBT nomor 10 tahun 2018 tentang Jadwal Retensi Arsip (JRA) Substantif dan Pelatihan Sumberdaya Manusia Pengelola Arsip yang digelar dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan, Senin (29/10) di kota Bula.

 

Keliobas mengatakan, dalam rangka penataan arsip dalam penyelenggaraan pemerintahan, dibutuhkan keahlian khusus. “Maka kegiatan Pelatihan Sumberdaya Manusia Pengelola arsip menjadi salah satu solusi,”ungkapnya.

 

Sosialisasi tersebut sangat penting, karena peraturan bupati menjadi dasar hukum bagi lembaga pencipta arsip/OPD dalam menyelenggarakan penataan arsip khususnya dalam penyusunan arsip.

 

“Dalam Peraturan Bupati ini dapat terlihat bahwa arsip mana yang masa retensinya/masa simpan telah habis dan harus segara disusutkan, agar tidak menambah volume arsip yang tidak bernilai guna,”sebutnya. 

 

Keliobas berharap, para peserta dapat serius mengikuti Sosialisasi tersebut, agar memahami secara baik dan dapat melaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.(GR)