Pemkab SBT Terima 100 Mahasiswa PPLP Unpatti Ambon

Pemkab SBT Terima 100 Mahasiswa PPLP Unpatti Ambon

BULA, hunimuanews.com- Pemerintah kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Timur (SBT) menerima kedatangan seratus mahasiswa Praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan (PPLP-II) dari Universitas Pattimura Ambon. 

 

Kedatangan ratusan mahasiswa di bumi Ita Wotu Nusa ini, disambut baik oleh Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Sidik Rumalowak di kantor Dinas setempat, Minggu (9/1/22).

 

Ratusan mahasiswa PPLP-II asal kampus orang basudara dibawah koordinator Dr. Irwan Rumalean itu menyerahkan secara langsung para mahasiswa tersebut kepada Pemkab SBT melalui Dinas terkait untuk ditempatkan di sejumlah sekolah di kabupaten Seram Bagian Timur SBT. 

 

Plt. Dikbudpora SBT sidik Rumalowak dalam arahanya mengatakan, atas nama pemerintah daerah kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), pihaknya mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Universitas Pattimura Ambon dalam rangka mendatangkan ratusan mahasiswanya di kabupaten penghasil minyak dan gas ini untuk melaksanakan satu program akademik yakni Praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan (PPLP) di sejumlah satuan pendidikan di SBT. 

 

"Atas nama pemerintah daerah tentunya ini satu kebanggan bagi kami, sebab kedatangan para ade-ade mahasiswa dari Unpati Ambon ini selain dari melaksanakan tugas akademik, mereka kami harapkan dapat membantu menyalakan obor obor pendidikan di bumi Ita Wotu Nusa ini, " kata Rumalowak

 

Dia mengaku, langkah tersebut juga bagian dari komitmen Pemkab SBT dan Universitas Pattimura Ambon untuk lebih mendobrak kualitas pendidikan di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang lebih baik. 

 

"Ini sudah menjadi komitmen pemerintah daerah dan Unpati Ambon sejak beberapa tahun lalu dalam memperbaiki kualitas pendidikan di SBT, "ujarnya

 

Sementara Dr. Irwan Rumalean dalam paparanya menjelaskan, seratus lebih mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unpati Ambon dengan berbagai jurusan itu, akan dititipkan selama satu bulan lebih di sejumlah satuan pendidikan diantarnya SD, SMP, SMA/SMK di kabupaten Seram Bagian Timur.

 

"Ade-ade mahasiswa ini akan kami lepaskan kepada pemerintah daerah untuk melaksanakan satu dari sekian tugas akademik yakni mengajar dan mengabdi selama sebulan lebih,"jelasnya

 

Rumalean selaku sekretaris mewakili Dekan FKIP unpati Ambon itu mengaku, beberapa waktu lalu sesuai data yang diperoleh kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) merupakan satu dari 11 kabupaten kota di Provinsi Maluku yang dinilai dari sisi pendidikannya menyandang perengkingan empat besar. 

 

Kendati demikian lanjut dia, Universitas Pattimura Ambon melirik hal tersebut hingga pihaknya bersedia melakukan kerja sama dengan Pemkab SBT untuk lebih menggenjot kualitas pendidikan di kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa itu.

 

"Kami menilai dari semua hal, olehnya itu FKIP Universitas Pattimura Ambon melakukan kerja sama menata pendidikan di Kabupaten SBT ini,"akuinya

 

Dia berharap, para mahasiswa tersebut tidak hanya fokus pada belajar mengajar di sekolah saja, melainkan pengabdian dilingkungan masyarakat perlu dilaksanakan. 

 

Diketahui pada kesempatan tersebut, para mahasiswa PPLP Unpatti Ambon ini di dampingi langsung oleh masing-masing Kepala Sekolah untuk ditempatkan pada sekolah-sekolah tersebut. (HN-MR)