Pemdes Hote Seriusi Ekonomi Warga

Pemdes Hote Seriusi Ekonomi Warga

BULA, hunimuanews.com-Pemerintah desa Hote kecamatan Bula Barat kabupaten Seram Bagian Timur, serius memperhatikan kondisi ekonomi warga setempat. Perhatian tersebut diantaranya ditujukan melalui sejumlah program pemberdayaan masyarakat setempat, diantaranya pada sektor perikanan dan pertanian.

 

Kepala desa Hote, Ahmad Yani Paitaha mengatakan, untuk meningkatkan pendapatan warga setempat, program pemberdayaan nelayan dilakukan melalui penyediaan Longboat serta mesin kepada nelayan.

 

Hingga tahun 2022 ini tercatat sudah sekitar 30 unit Longboat serta mesin yang disediakan melalui program dana desa. Sehingga, para warga lebih mudah dan lebih bersemangat dalam menekuni profesi sebagai nelayan.

 

Dengan begitu, pendapatan warga diharapkan dapat meningkatkan, sehingga mempercepat peningkatan kesejahteraan warga.

 

Selain sektor perikanan, sektor pertanian juga mendapat perhatian serius melalui dukungan kepada para petani setempat.

 

Salah satunya dengan memotivasi para ibu rumah tangga yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK desa Hote, guna memanfaatkan pekarangan sekitar pemukiman mereka, menanam berbagai jenis sayur dan umbi umbian.

 

Hal itu, diantaranya dengan membuka Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di sekitar pemukiman warga setempat.

 

Kelompok para ibu rumah tangga yang mengelolah P2L itu didukung dengan pemberian bibit serta bentuk sarana dan prasarana penunjang lainnya.

 

"Untuk kebun P2L itu sudah beberapa kali panen, hasilnya sudah dijual,"kata kepala desa Hote, Ahmad Yani Paitaha, Minggu (21/8/2022). (HN-AL)