Pemdes Hote - PKK  Antisipasi Gizi Buruk

Pemdes Hote - PKK  Antisipasi Gizi Buruk

BULA, hunimuanews.com- Pemerintah negeri Hote kecamatan Bula Barat kabupaten Seram Bagian Timur dan  tim penggerak PKK melakukan pelayanan kesehatan bagi warga Hote, Minggu (23/12)  guna mengantisipasi gizi buruk dan Stunting.

 

Penjabat kepala pemerintahan negeri Hote, Ahmad Yani Paitaha mengatakan, pelayanan tersebut merupakan salah satu program untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat setempat.

 

“Pada prinsipnya kami berharap, masyarakat negeri Hote selalu hidup dalam kondis yang sehat,”kata Paitaha kepada wartawan disela pelayanan tersebut.

 

Pelayanan kesehatan itu terlaksana atas kerjasama pemerintah negeri Hote dan tim Penggerak PKK Hote dengan tim penggerak kabupaten SBT dan dinas Kesehatan.

 

Sejumlah tenaga medis, diantaranya dokter Spesialis Anak dan Dokter umum hadir memberikan pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan masyarakat, guna mengindentifikasi gejala gizi buruk, Stunting dan jenis penyakit lainnya.

 

Ahmad Yani Paitaha mengatakan, bila dari pemeriksaan kesehatan, ada masyarakat yang menderita penyakit tertentu dan harus menjalani perawatan medis lebih lanjut, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk memberikan pelayanan yang lebih intensif.

 

Pantauan hunimuanews.com, masyarakat tampak antusias  mendapatkan pelayanan yang dipusatkan di Balai pertemuan negeri Hote tersebut.

 

“Untuk pebiayaan (kegiatan-red) ini kami mengalokasikan 10 persen dana desa untuk  bidang kesehatan,”kata Paitaha.

 

Sementara pihak dinas kesehatan dan pihak Puskesmas Jakarta Baru mendatangkan tenaga medis dan obat-obatan.“Program ini akan terus kami lakukan, agar Hote keluar dari masalah kesehatan,”katanya.

 

Ketua Tim Penggerak PKK negeri Hote, Sukmawati Rumakur mengatakan, pelayanan kesehatan tersebut merupakan salah satu program PKK. Sehingga, pihaknya sangat mengapresiasi dukungan pemerintah negeri Hote dan dinas kesehatan serta tim penggerak PKK kabupaten dan masyarakat Hote.  

 

“Hari ini anak –anak diberikan makana tambahan berupa kacang hijau, nasi dan daging ayam serta buah-buahan,”tuturnya.

 

Turut hadir pada pelayan kesehatan tersebut kepala dinas kesehatan kabupaten SBT Abas Rumatumerik, ketua tim penggerak PKK kabupaten SBT Misa Keliobas, kepala dinas Ketahanan Pangan Mirnawati Derlen, anggota Komisi C DPRD Halik Rumalowak, Camat Bula Barat Ridwan Rumonin, serta tokoh masyarakat. (SR)