Pemda Siapkan Alkes RS Pratama Kataloka

Pemda Siapkan Alkes RS Pratama Kataloka

BULA, hunimuanews.com-Pembangunan gedung Rumah Sakit kelas Prtama di desa Kataloka kecamatan Pulau Gorom telah rampung. Saat ini, pemerintah daerah berkonsentrasi menyediakan peralatan kesehatan, sumber daya manusia serta sarana lainnya pada rumah sakit tersebut.

 

Kepala dinas kesehatan kabupaten SBT, Abas Rumatumerik mengatakan, telah dilakukan pengadaan alat kesehatan, tapi baru sampai di kota Bula.

 

Pihak rekanan pengadaan, kata Rumatumerik tidak dapat mendistribusikan alat kesehatan tersebut hingga ke rumah sakit, karena keterbatasan anggaran.

 

Sehingga, pendistribusian alat kesehatan akan dilakukan menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD tahun 2018. Langkah itu juga untuk menyediakan mobiler.

 

Sementara terkait penyediaan sumber daya manusia, Rumaterik mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan, diantaranya struktur organisasi serta analisa kebutuhan tenaga kesehatan.

 

Ia mengatakan, langkah awal akan menempatkan satu dokter umum dan beberapa tenaga kesehatan lain yang dimutasi dari Puskemas serta sejumlah tenaga kesehatan yang lolos seleksi CPNS tahun lalu.

 

Pembangunan rumah sakit Pratama itu, guna mempermudah masyarakat di pulau Gorom dan sekitarnya, mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik.(SR)