Pemda SBT - Kemenkumham Kerjasama Sadar Hukum

Pemda SBT - Kemenkumham Kerjasama Sadar Hukum

BULA, Hunimuanews.com-Pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur menjalin kerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi (Kemenkumham) Maluku bidang hukum dan Hak Asasi Manusia HAM.

 

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan oleh bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas dan Kepala Kantor Wilayah  Kemenkumham Maluku, Tholib pada, Rabu (26/9) di ruang kerja bupati kabupaten SBT.

 

Kerjasama tersebut, antara lain terkait produk hukum daerah serta pelayanan permohonan Hak atas Kekayaan Intelektual dan Penegakan Hukum Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI).

 

Selain itu, kerjasama juga untuk peningkatan kesadaran hukum masyarakat desa binaan serta desa sadar hukum serta simulasi bidang hukum.

 

Disepakati juga perlindungan dan pemenuhan HAM serta program pembentukan produk hukum daerah, diantaranya program legislasi daerah, fasilitas penyusunan naska akademik, penyusunan peta permasalahn hukum, fasilitas harmonisasi rancangan peraturan daerah, inventarisasi, klasifikasi dan pemetaan peraturan daerah dan atau rancangan peraturan daerah, kajian peraturan daerah serta pengkajian hukum dan HAM. 

 

“Kerja sama ini di harapakan dapat melahirkan sinergitas yang lebih intensif dan efektif antara kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan Pemda Seram Bagian Timur serta unsur lainnya termasuk masyarakat” kata bupati kabupaten SBT, Abdul Mukti Keliobas sebagaimana dirilis Humas Pemda SBT melalui laman Facebook resmi @humasProSeramBagian Timur, Jumat (28/9).

 

Setelah penandatangan kesepakatan tersebut, akan dilanjutkan dengan kegiatan pembinaan Desa/kelurahan dan Sekolah Sadar Hukum kepada perangkat desa dan Sekolah.(MB)