Pembukaan Pesparawi Ke-10, Oleh Gubernur Maluku Said Assagaff

Pembukaan Pesparawi Ke-10, Oleh Gubernur Maluku Said Assagaff
Piru SBB, hunimuanews - Pesta Paduan Suara Gerejawi ke-10 yang berlangsung di kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), secara resmi di buka oleh Gubernur Maluku Said Assagaff yang berlangsung dari tanggal 19 sampai 23 Nopember.

Pembukaan Pesparawi yang berlangsung di lapangan kantor Bupati SBB ini dihadiri oleh Dirjen Bimas Kristen, Kementrian Agama RI Thomas Pentury, Bupati/Walikota se-Maluku. Minggu Malam, 19/11/17

Secara Lugas, Gubernur dalam sambutannya, "Pesparawi yang dilaksanakan merupakan sejarah pearabadan keagamaann untuk perdamaian Maluku dan secara luas di Negara kesatuan Indonesia".

“Pesparawi adalah identitas diri dan gudang dari orang gemar bernyanyi. Dukungan masyarakat adalah gambaran kerukunan itu. Sebab persaudaraan sudah menjadi hidup orang Maluku", “Ungkapnya.

"Ada beberapa point penting untuk dijadikan refleksi, yaitu Pesparawi merupakan berkah yang luar biasa bagi Maluku, diamana toleransi kian terbuka antara kelompok masyarakat juga antar umat ber-agama". Tuturnya

“Jadi jika Maluku menjuarai lagi Pesparawi tingkat nasional lagi, itu karena kita terlahir sebagai juara sejatinya indonesia,”pungkasnya

"Visi pemerintah provinsi sudah menegaskan hakekat kerukunan umat beragama. Yaitu maluku yang kaya tentang persaudaraan, harus dijadikan ideologi dan afrimasi semua umat beragama. Hakekatnya pada kita berbagi dan bersyukur menjadi bagian dari anak negeri, bukan untuk belajar menjadi pemimpin diantara rakyat, melainkan hidup diantara rakyat,” Tegas Orang nomor Wahid di maluku tersebut.
 
Perwakilan kontingen dari berbagai daerah di provinsi maluku hadir dalam pembukaan pesparawi di kabupaten SBB, kabupaten SBT, Bupati Mukti Keliobas turut hadir mendampingi dalam acara tersebut.