Pembekalan PPL Dua, STKIP IWN Bula Hadirkan Pemateri Asal Unpatti

Pembekalan PPL Dua, STKIP IWN Bula Hadirkan Pemateri Asal Unpatti

BULA, hunimuanews.com- Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ita Wotu Nusa Bula melaksanakan kegiatan pembekalan PPL dua bagi Mahasiswa angkatan ke-V (Lima) tahun akademik 2021-2022 Jumat (16/07/21). Dalam pembekalan tersebut dihadiri sejumlah pemateri dari Universitas Pattimura Ambon.

 

Diketahui, pemateri asal kampus ternama di Maluku itu diantaraya Prof. Dr.I.H.Wenno, M.Pd selaku Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unpatti Ambon, Dr.Iwan Rumalean, M.Pd, Sekretaris UPT PPL FKIP Unpati Ambon, Dominggus Tahya, S.Pd., M.Pd Kepala Unit KKN Unpatti Ambon, dan Kaprodi Pendidikan Biologi FKIP Unpatti Ambon Dr. Stevin Melay, M.Pd.

 

Masing-masing pemateri ini tampil dengan materi yang berbeda, namun dipastikan berhubungan langsung dengan tujuan pelaksanaan pembekalan dimaksud. Dijelaskan empat sub materi yang di paparkan pada kesempatan itu diantaranya, "Strategi Pembelajaran Inovatif" yang disampaikan Dr. Stevin Melay, kedua "Pembelajaran Abad 21" di jelaskan Prof. Dr.I.H.Wenno.

 

Sementara materi ketiga "Keterampilan Mengajar" diulas oleh Kepala Unit KKN Unpatti Ambon Dominggus Tahya, dan materi ke empat "Etika dan Profesional Guru" di paparkan langsung oleh pemateri berdarah Seram Timur Dr. Iwan Rumalean yang juga menjabat sebagai kepala unit UPT PPL FKIP Unpatti Ambon.

 

Ketua Bidang Akademik STKIP Ita Wotu Nusa Bula Dzul Kifli Rettob dalam sambutanya mengatakan, kegiatan pembekalan PPL dua yang dilaksanakan pada kesempatan kali ini merupakan agenda yang cukup langkah. Menurutnya moment tersebut mestinya cepat di tangkap dan dilaksanakan apalagi dalam kondisi pandemi yang membatasi segala aktifitas masyarakat.

 

"Dalam kondisi yang mendesak bahkan mendadak seperti ini kita masih sempat melakukan kegiatan ini, bagi saya ini cukup penting,'' ucap Rettob dalam mengawali sambutanya.

 

Dijelaskan, pelaksanaan pembekalan PPL itu berlandaskan pada sejumlah referensi yang mengarah pada aturan akademik yang sifatnya terstrukur dalam kurikulum STKIP ita wotu nusa Bula. Kendati demikian lanjut dia, kegiatan ini tidak dapat ditinggalkan sebab hal itu telah terprogram pada lembaga tersebut.

 

"Yah ini kita tidak bisa tinggalkan, dan tentunya ini praktek karna orentasinya ke sekolah kegiatanya banyak di luar bukan di kampus. Jadi memuat mata kulia yang dipelajari itu agak banyak," terangnya

 

Selain itu, sang motivator pada Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ita Wotu Nusa Bula itu juga mengemukakan, tujuan utama pelaksanaan Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) dua (Real Teaching) adalah untuk merealisasikan program-program akademik. Sementara tujuan khusus dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah memberi pengalaman, bekal dan penguatan terhadap para peserta PPL agar dapat diaplikasikan pada setiap sekolah yang akan di tempati.

 

Diketahui, pembekalan PPL ini di isi dengan beragam materi dari berbagai Dosen pengampuh dari kampus orang basudara itu. Salah satu pemateri yakni Stevin Melay dinilai melalui metode pembelajaranya mampu menggugah hati para peserta PPL, bahkan strategi pembelajaran yang dimiliki ini pun cukup evektif hingga terkesan ada peserta yang nekat mengeluarkan air mata akibat terbawa suasana dengan strategi belajar tersebut.

 

" Coba teman-teman tutup mata sejenak, tutup mata ayo, coba teman teman membayangkan kampung teman-teman, coba bayangkan waktu dimana teman-teman duduk pada bangku SD, coba bayangkan lalu renungi perjalanan dari SD hingga sampai pada bangku kuliah ini, coba bayangkan dan renungkan,'' ucap Melay dengan penuh perasaan

 

Lanjut, jumlah Mahasiswa yang mengikuti Pembekalan itu berjumlah 60 peserta, yang terdiri dari tiga program study diantaranya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) berjumlah 25 peserta, Pendidikan Biologi 19, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) 16 peserta. (HN-MR)