Pekan ini Vaksinasi di SBT Harus Capai 70% Lebih

Pekan ini Vaksinasi di SBT Harus Capai 70% Lebih

BULA, hunimuanews.com-Pekan ini capaian Vaksinasi di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) harus mencapai 70%. Hal itu dilakukan agar tingkat capaiannya sejajar dengan kabupaten lain di provinsi Maluku. 

 

Pernyataan ini disampaikan Kapolres SBT Andre Sukendar kepada Wartawan usai menggelar vaksinasi serentak secara conference bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Polres se-Provinsi, Jumat (14/01/2022).

 

Vaksinasi serentak yang digelar di pantai Rolex kota Bula itu dihadiri Plt. Dinas Kesehatan kabupaten Seram Bagian Timur Samun Rumakabis, Kasat Intel Polres SBT, beserta seluruh jajaranya. 

 

Kepada Media ini Kapolres seram Bagian Timur (SBT) Andre Sukendar mengatakan, capaian vaksinasi di SBT masih berkategori rendah. Hal ini menurutnya dibatasi dengan ketersedian stok vaksin. Selain itu faktor lain yang turut menjadi kendala adalah rentang kendali, hingga target para tim vaksinator menjangkau beberapa wilayah di kabupaten ini untuk diagendakan vaksinasi berikutnya belum dilakukan secara maksimal. 

 

"Dari awal memang kita terkendala dengan ketersediaan stok vaksin. Kemudian luas wilayah juga menjadi kendala untuk dijangkau bila dibandingkan dengan tim vaksinator kita," kata Kapolres

 

Sementara upaya untuk meningkatkan rendahnya capaian vaksinasi di kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa ini, Pimpinan Polres setempat itu mengaku, belakangan ini Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kesehatan turut gencar melakukan vaksinasi di sejumlah tempat. Lanjut dia, hal tersebut dilakukan agar akhir Januari 2022 capaian Vaksinasi di SBT mencapai 70% lebih. 

 

Dia mengungkapkan, vaksinasi saat ini secara massal dilaksanakan pada 23 titik dengan target capaian sebanyak 2.414 dosis vaksin covid-19.

 

"Rinciannya tenaga pendidik sekitar 90, kemudian lansia 144. Kemudian usia 7-15 tahun sebanyak 880 dan sisanya kurang lebih 1.500 adalah sasaran dari pada masyarakat umum dengan melibatkan 6 vaksinator dari Polri dan 80 vaksinator dari Dinas Kesehatan SBT," ungakpnya

 

Sementara salah satu warga yang namanya enggan di publis turut menaruh perhatian terhadap capaian vaksinasi di SBT yang masih berkategori rendah ini. Menurutnya, selain jajaran TNI Polri yang dengan gencarnya melakukan vaksinasi di 15 kecamatan di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), mestinya pemerintah daerah Bupati dan Wakil Bupati mesti lebih rajin lagi turun lapangan guna memberi penguatan dan edukasi terhadap masyarakat tentang pentingnya vaksinasi tersebut. 

 

"Mestinya pemerintah kabupaten Bupati dan Wakil Bupati harus lebih lebih rajin berperan aktif, turun langsung kelapangan bersama dengan instansi lain seperti TNI Polri untuk vaksinasi ini. Berikan stimulus kepada masyrakat supaya mereka bisa sadar untuk mengikuti vaksinasi ini, "ungkapnya

 

Selain itu ia menilai, untuk meningkatkan capaian vaksinasi, Pemda SBT mesti mempunyai konsep sendiri terhadap masyarakat. Ia mengambil contoh simpel terhadap vaksin besar-besaran yang dilakukan oleh Pihak PT. Kimia Farma beberapa waktu lalu yang melakukan vaksinasi dengan berbagai ide dan gagasan mereka.

 

"Kedepan pemda harus punya upaya atau ide ide baru kepada masyarakat, agar supaya capaian vaksinasi ini lebih meningkat sesuai dengan perintah Presiden dan Menteri kesehatan," (HN-MR