NR : Pimpinan OPD Sedang “Galau”

NR : Pimpinan OPD Sedang “Galau”

BULA, hunimuanews.com - Guna memaksimalkan roda pemerintahan dan pembangunan di kabupaten Seram Bagian Timur, maka hasil seleksi terbuka pengisian jabatan Pimpinan Tinggi Pratama eselon II perlu diumumkan dan dilakukan pelantikan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) defentif.

 

Hal tersebut disampaikan oleh anggota DPRD kabupaten Seram Bagian Timur, Nuzul Rumain saat rapat paripurna penyampaian nota pengantar bupati kabupaten SBT terhadap rancangan peraturan daerah tentang Laporan Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD tahun 2017, Rabu (1/8).

 

Rumain mengatakan, dalam rangka mengoptimalkan sistem pemerintahan di daerah ini, berbabagi hal mesti dioptimalkan, termasuk memaksimalkan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) OPD melalui penempatan pejabat defenitif sebagai pimpinan OPD. Bukan lagi berstatus pelaksana tugas (Plt) seperti saat ini.

 

“Harus diberikan legitimasi, karena pimpinan OPD yang ada ini mereka masih Plt. Kalau saya umpakan KTP berarti baru Suket, surat keterangan,”ungkap anggota Komisi A DPRD Kabupaten SBT ini.

 

Lebih lanjut Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, bila hasil seleksi tidak segera diumumkan dan dilakukan pelantikan, maka dampaknya terhadap roda pemerintahan dan pembangunan akan berlanjut.

 

Sebab, lanjut Rumain para Plt pemimpin OPD saat ini juga merupakan peserta seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama eselon II tersebut. Mereka sangat mungkin ragu untuk memaksimalkan kinerja sebelum hasil seleksi diumumkan.  

 

“Kalau saya baca psikologis para (Plt Pimpinan) OPD ini, mereka lagi galau. Karena sudah mengikuti lelang jabatan kurang lebih satu tahun lalu, tapi belum ada pelantikan. Ini juag sangat memperngaruhi system, karena mereka mau kerja juga, galau. Tidak kerja juga, galau,”ujarnya.

 

Karena itu, ia berharap hasil seleksi tersebut segera diumumkan, kemudian dilakukan pelantikan, sehingga para pejabat yang lulus seleksi ditetapkan sebagai pejabat defenitif pada jabatan pucuk pimpinan OPD di daerah ini.

 

“Bila sudah begitu, saya yakin mereka akan bekerja dengan semangat, karena status mereka sudah jelas,”ungkap Rumain.

 

Sebagaimana diketahui, sebelumnya telah digelar seleksi  terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi Pratama eselon II di lingkup pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur, sebagai langkah untuk memaksimalkan roda pemerintahan dan pembangunan di daerah ini.(GR)