Musrenbang RKPD 2022, Keliobas Sebut Enam Perioritas Pembangunan Daerah di SBT

Musrenbang RKPD 2022, Keliobas Sebut Enam Perioritas Pembangunan Daerah di SBT

BULA, hunimuanews.com-Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas, menyebutkan enam indikator yang menjadi perioritas Pemerintah Daerah (Pemda) dalam meningkatkan pembangunan di kabupaten Seram Bagian Timur.


Keliobas mengungkapkan enam perioritas itu, saat dirinya berkesempatan membuka secara resmi Musrenbang RKPD 2022 yang digelar di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan kabupaten Seram Bagian Timur, Kamis,( 15/04/22).


Dikatakan Keliobas dalam sambutanya, enam perioritas pembangunan itu diantaranya, peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, peningkatan pembangunan infrastruktur wilayah dan konektivitas antar pulau, peningkatan daya saing daerah berbasis inovasi dan potensi daerah, dan percepatan pemulihan ekonomi dan perlindungan sosial.


Kendati demikian, ia berharap dalam merealisasikan rencana kerja yang telah disepakati itu, dibutuhkan arah kebijakan pembangunan dengan mengedepankan prinsip kerja dari semua OPD di lingkup pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur, agar tercapainya keselarasan dalam pemanfaatan sumber daya daerah.


Selain itu, orang nomor satu di SBT ini juga menjelaskan soal pentingnya pelaksanaan Musrenbang RKPD 2022 yang dilaksanakan pada kesempatan itu, dikatakan RKPD mempunyai  kedudukan, fungsi, dan peran yang cukup strategis dalam percepatan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Hal itu disandarkan pada ketentuan pasal 263 ayat 4, dan Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.


" olehnya itu, RKPD ini merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang didalamnya memuat rancangan kerangka ekonomi dan perioritas pembangunan daerah". Pungkasnya


Dalam kesempatan itu pula, Bupati dua periode ini menjelaskan, bahwa RPJMD kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) periode 2016-2021 telah berakhir, dan kini sesuai dengan ketentuan penyusunan RKPD 2022 arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan berjangka panjang.


Diketahui, turut hadir dalam pembukaan Musrenbang RKPD 2022 itu diantaranya, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Ketua DPRD SBT, Wakil Ketua DPR, beserta pimpinan komisi DPRD, PLH Sekda, para pimpinan OPD, jajaran Forkopimda, dan para camat yang juga hadir pada kesempatan itu. (HN-MR)