MotoGP Indonesia dan Finlandia Masi Berpeluang

MotoGP Indonesia dan Finlandia Masi Berpeluang

Sport, hunimuanews - Pada tahun ini gelaran MotoGP akan lebih menyita perhatian, terutama bagi penggemar di Asia. Mengingat Thailand sudah resmi masuk kalender balap untuk beberapa tahun mendatang. Artinya, akan ada 19 seri yang bakal dijalani Valentino Rossi dkk di musim ini.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta ingin menggelar MotoGP tahun depan dalam 20 seri. Hal ini tentu bertentangan dengan keinginan pembalap dan tim produsen.

"Mungkin saja ada sirkuit urban di MotoGP. Ada proyek padat di kota yang hangat," tutur Ezpeleta seperti dikutip dari Motorsport, Sabtu (20/1/2018).

"Saat ini ada daftar sekitar delapan negara yang akan memilih untuk memiliki kejuaraan, tapi kami tidak bisa melakukan 26 balapan," kata Ezpeleta.

Pasalnya, pembalap akan kesulitan dalam mengenal tunggangannya. Begitu pula dengan tim produsen yang bakal kebingungan bagaimana mengatur jadwal pengujian motor jika Dorna Sports menggelar 20 seri MotoGP dalam satu musim.

Meskipun sudah ada delapan negara yang tertarik untuk menyelenggarakan MotoGP.

Tapi bukan berarti negara lain akan diam begitu saja. Indonesia dan Finlandia diketahui terus menggenjot persiapan pembangunan sirkuit agar bisa dianggap layak untuk menggelar balapan internasional tersebut pada 2019 nanti.

Meski ingin menggelar 20 seri MotoGP, Ezpeleta menegaskan ogah menambah lebih dari jumlah itu. (HN – LukyP)