Minat Baca di SBT Meningkat

Minat Baca di SBT Meningkat

BULA,hunimuanews.com-Minat baca di kalangan pelajar, mahasiswa maupun masyarakat Seram Bagian Timur, meningkat. Dinas Perpusatkaan dan Kearsipan akan menyediakan infrastruktur yang memadai.

 

Hal tersebut disampaikan kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten SBT, Sumarno Sagala kepada wartawan usai pelantikan pejabat eselon II di Pulau Gorom, Kamis (14/2).

 

Sumarno Sagala mengungkapkan, meningkatnya minat baca, diantaranya terlihat pada makin banyaknya perpusatakaan di sekolah dan di sejumlah desa serta taman baca.“Ada juga komunitas baca dan lain sebagainaya,”ungkapnya.

 

Dengan meningkatnya minat baca tersebut, Sagala mengatakan dinas perpustakaan akan menyiapkan infrastruktur untuk mendukung budaya baca di daerah ini, terutama infrastruktur perpustkaan. Dalam waktu dekat akan dibangun gedung Perpustakaan yang lebih representatif.

 

“Akan dibangun tahun 2019.Sekarang lagi persiapan lelang. Pastinya akan dibangun tahun ini,”katanya.

 

Menyoal ketersediaan bahan baca, terutama buku, Sagala mengakui masih minim. Pihaknya akn terus berupaya, agar jumlah koleksi bahan baca bertambah.

 

“Untuk referensi masih terbatas, kedepan, dengan adanya ketersediaan perpustakan- itu, maka ini menjadi peluang kita untuk menambah bahan bacaan,” ungkapnya. (SR)