Mengatasi Tunggakan Raskin, Bulog Gandeng Kejati Maluku

Mengatasi Tunggakan Raskin, Bulog Gandeng Kejati Maluku

Ambon, hunimuanews.com - Bulog telah melakukan koordinasi dengan pihak satgas dan Kejaksaan guna melakukan penagihan untuk menyikapi banyaknya tunggakan pembayaran beras raskin di beberapa kabupaten kota yang ada di Maluku.

 

Mengatasi tunggakan Raskin, Bulog telah melakukan MoU dengan Kejaksaan Tinggi Maluku, sehingga ada pendampingan untuk menyelesaikan tunggakan Raskin tersebut.

 

Bersama Kejati, Bulog melalui Tim Raskin turun ke kabupaten-kabupaten untuk mempercepat penyelesaian tunggakan-tunggakan tersebut.

 

Kepala Bulog Perwakilan Maluku-Maluku Utara Arif Mandu menjelaskan dalam beberapa bulan terakhir ini, adanya progres yang cukup baik pada kabupaten kota dalam menyelesaikan pembayaran tunggakan raskin. Dimana hingga bulan Mei 2018 ini , telah dilakukan pembayaran tunggakan raskin kurang lebih 1,5 Miliar rupiah.

 

Dirinya optimis seluruh tunggakan yang saat ini masih ada dibeberapa kabupaten kota akan diselesaiakan dengan baik oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam hal ini pengelola beras raskin.

 

Diharapkan akhir 2018 nanti seluruh tunggakan raskin di Maluku akan terselesaikan secara menyeluruh , sementara ada beberapa oknum yang telah menjalani proses hukum dipengadilan akibat menggunakan anggaran raskin untuk kepentingan pribadi.

 

Tim satgas yang merupakan tim gabungan dari Bulog Kejaksaan dan kepolisian akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat, baik bupati walikota dan para camat untuk mempercepat penyelesaiakan berbagai tunggakan raskin yang hingga saat ini belum diselesaikan.

 

Seperti diketahui, Tiga kabupaten di Provinsi Maluku tercatat sebagai penunggak beras sejahtera (Rastra) atau yang sebelumnya disebut sebagai Raskin. Yakni, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur (SBT) dan Seram Bagian Barat (SBB). (HN - dms)