Memacu Perekonomian Dengan Pangan Lokal

Memacu Perekonomian Dengan Pangan Lokal

BULA,hunimuanews.com-Dinas Ketahanan Pangan Seram Bagian Timur terus memaksimalkan pemanfaatan pangan lokal, guna memacu roda perekonomian di daerah ini.

 

Upaya yang dilakukan, diantaranya  terus mengumpulkan data dan informasi tentang potensi pangan lokal serta membuka akses pasar pangan lokal ke luar daerah.

 

Menurut kepala dinas Ketahanan Pangan, kabupaten SBT Mirnawati Derlen, pengumpulan data dan informasi sangat penting, guna mengetahui kondisi ketersediaan pangan atau produksi di suatu kecamatan harus mempunyai data yang akurat dan akuntabel.

 

“Sehingga hal yang menjadi kekurangan atau kendala dapat diselesaikan tepat sasaran,”ungkap Derlen kepada wartawan usai dilantik di Kataloka, Kamis (14/2).

 

Derlen berharap, informasi dari 15 Kecamatan, Dinas Ketahanan Pangan dapat langsung mengetahui kondisi ketersediaan bahan pangan sehingga dapat menghubungi instansi terkait tentang ketersediaan bahan pangan maupun hasil produksi.

 

”Akan kita lakukan kajian-kajian melalui informasi yang terkumpul, sehingga dapat langsung berkoordinasi dengan instansi teknis  baik itu kesehatan, pertanian, perikanan dan perindagkop,” ungkap Derlen.

 

Derlen juga menjelaskan, saat ini pihaknya berkomunikasi secara intensif dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, guna meningkatkan produksi pangan lokal.

 

Menurutnya, saat ini OPD-OPD tersebut perlu lebih serius melihat kondisi ketersediaan pangan lokal di seram Bagian Timur.

 

Selain pentingnya data, Derlen juga mengungkapkan akan fokus pada peningkatan pendapatan  perekonomian daerah melalui produk lokal yang saat ini telah tersedia melalui program Solid, yakni memperluas akses pasar hingga ke luar daerah.

 

“Sehingga, dapat mendatangkan pendapatan masyarakat bukan hanya lokal di kabupaten saja, tetapi semoga bisa sampai di propinsi,” kata Derlen

 

Untuk mencapai kesuksesan tersebut, menurut Derlen semua OPD terkait perlu bekerja sama untuk memajukan produk-produk lokal.

 

Derlen berharap, tahun 2019 ini, dinas ketahanan pangan memperoleh anggaran yang cukup, sehingga kendala-kendala yang timbul melaui pengumpulan data, masalah produksi bahan pangan serta upaya mengekspor hasil produksi dapat diselesaikan dengan tepat. (SR)