Melalui Manajemen Usaha, Ciptakan UKM Kondisif

Melalui Manajemen Usaha, Ciptakan UKM Kondisif

BULA, hunimuanews.com-Guna mnciptakan stabilitas usaha kecil menengah yang kondusif, UPTD Diklat Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku menggelar Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Usaha kepada kelompok Usaha Mikro dan Kecil di Kabupaten Seram Bagian Timur(SBT),pada Selasa (28/9).

 

Kegiatan tersebut merupakan program agenda tahunan UPTD Diklat dinas koperasi dan UKM Provinsi Maluku dalam dokumen pelaksanaan anggaran Tahun 2021,sasaranya kepada pelaku usaha di Daerah Bumi Ita Wotu Nusa ini. 

 

"Yah sasaran kita adalah para pelaku usaha mikro kecil untuk memberikan motifasi dan inovasi pada pelaku usaha di SBT dalam upaya meningkatkan pendapatan manajemen usaha," ucap Kapala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten SBT, M Taib Kilian saat membuka pelatihan di aula penginapan restu.

 

Dalam kesempatan itu Kilian, yang mewakili kepala dinas koperasi dan UKM SBT itu juga mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membekali pelaku usaha tentang Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengembangkan usaha, dan juga menjaga stabilitas pendapatan mereka dalam mengelola dan memanejemen usaha mereka.

 

Lanjut dia, para pelaku usaha harus diperkuat dengan metode pembekalan dan terus diberikan informasi-informasi terkait dengan informasi bisnis dan managemen kewirausahaan, menghadapi persaingan bisnis dengan kompetitor serta pemasaran dalam masa kondisi pandemi ini.

 

" Kita terus perkuat dengan metode pembekalan dan terus memberikan informasi terkait dengan infomasi-informasi bisnis dan cara mengelola kewirausahan dalam menghadapi persaingan d masa pandemi" ujarnya.

 

Selain itu, ia juga menjelaskan salah satu bentuk manajemen bisnins adalah membranding produk seperti pemberian nama, merk logo, slogan atau hal lainnya pada identitas produk sehingga menjadi berbeda dengan produk lainnya agar manajemen para pelaku usaha tertata rapi.

 

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari tersebut diikuti secara antusias oleh para peserta usaha sebanyak 30 orang. hari pertama peserta diberikan materi mengenai Tata Cara Berorganisasi dalam UMKM. Serta dinamika kelompok dalam cara berorganisasi diimplementasikan dengan membentuk kelompok usaha kecil. 

 

Dengan materi ini peserta diberi pemahaman tentang keuntungan membentuk kelompok usaha kecil dalam menjalankan usaha, serta bagaimana cara untuk memulai usaha dan mempertahankanya .(HN-MR