Masyarakat Siritaun Wida Timur Minta Pilkades Segera Digelar

Masyarakat Siritaun Wida Timur Minta Pilkades Segera Digelar

BULA, hunimuanews.com-Masyarakat kecamatan Siritaun Wida Timur kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) meminta pelaksanaan percepatan pemilihan kepala desa (Pilkades) definitif segera dilaksanakan.

 

Permintaan itu ditegaskan salah satu tokoh masyarakat Saraf Rumain di hadapan Anggota DPRD SBT Samad Rumakabis saat melaksanakan kunjungan reses di Desa Administratif Salagur Air Sabtu Kemarin.

 

Dalam kesempatan itu saraf menyampaikan, selaku tokoh masyarakat dia mengamati jalannya pemerintahan pada tingkat desa se kecamatan Siritaun Wida Timur itu tidak normal. Pasalnya terhitung setiap desa di kecamatan tersebut masih dipimpin oleh penjabat sementara.

 

"Tahun ini kami berharap kepada bapak DPR agar secepatnya lakukan pemilihan kepala desa definitif, sebab semua desa dari Aruan sampai Gaur tidak ada kepala desa sampai saat ini," tegas Saraf Rumain saat menyampaikan aspirasinya dalam reses tersebut.

 

Ia menilai, hadirnya Penjabat sementara atau Karateker pada masing-masing desa itu bermula dari kebijakan pemerintah yang bersandar pada intervensi politik semata. Menurutnya hal itu sangat berpengaruh terhadap sistem pemerintahan yang kemudian kelak menuai berbagai masalah dilingkungan masyarakat.

 

"Dengan kondisi seperti ini, kami sangat berharap kepada bapak DPR agar betul-betul memperjuangkan anggaran untuk pemilihan kepala desa di kecamatan Siritaun Wida Timur ini," tegasnya

 

Dihadapan wakil rakyat asal kecamatan Siritaun Wida Timur itu, Saraf berharap agar segala keluhan yang disampaikan itu dapat dilaksanakan. Ia berkeyakinan penuh kondisi pemerintahan negeri tidak akan berjalan normal jika masih dipimpin penjabat sementara.

 

Sementara dalam menanggapi atensi tersebut, Wakil Ketua Komisi C DPRD SBT Samad Rumakabis menjelaskan beberapa hal yang diakui berkaitan langsung dengan keluhan itu.

 

"Berdasarkan hasil rapat antara DPRD dan Pemerintah Daerah beberapa waktu lalu, akan diupayakan pelaksanaan Pilkades insya Allah pada bulan November tahun 2021," jelas Rumakabis

 

Dihadapan masyarakat setempat Rumakabis mengatakan, DPRD SBT berkeinginan yang sama dan turut mendesak pemerintah daerah agar pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) ini segera dilaksanakan.

 

Dikatakan pelaksanaan Pilkades serentak November mendatang dipastikan mencapai 30%. Sementara anggaran yang diperuntukkan dalam proses Pilkades nanti diupayakan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

 

"Hasil Ini bukan kata saya sendiri, tapi ini hasil rapat kerja kami antara DPRD dan Pemerintah Daerah beberapa hari lalu di ruang paripurna DPRD SBT, yang kemudian hasil ini saya sampaikan kepada bapak ibu sekalian," jelasnya (HN-MR