LKLM SBT dan KPSBT Diinventarisasi Kementerian LHK

LKLM SBT dan KPSBT Diinventarisasi Kementerian LHK

BULA, hunimuanews.com - Sebagai organisasi kemasyarakatan yang fokus pada masalah lingkungan serta kegiatan sosial, Lembaga Kalesang Lingkungan Maluku (LKLM) wilayah kabupaten Seram Bagian Timur  dan komunitas Peduli Seram Bagian Timur (KPSBT) turut diidentifikasi dan diinventarisasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Program ini dalam rangka kemitraan menyukseskan program pemerintah.

 

Sebagai langkah awal, profil LKLM wilayah kabupaten SBT dan KPSBT telah diminta pihak Kementerian LHK melalui Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan wilayah Maluku dan Papua, Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Kementerian LHK di Bula, Kamis (31/5).

 

Program tersebut mendapat apresiasi dari pengurus LKLM wilayah kabupaten SBT maupun pengurus KPSBT. Profil LKLM wilayah SBT dan KPSBT pun telah diserahkan.

 

“Kami menyambut baik program ini. Kami berharap, ke depan terwujud kemitraa yang lebih baik dalam rangka kerja-kerja lingkungan,”ungkap ketua LKLM wilayah kabupaten SBT, Abdul Samad Rumbalifar, seusai bertemu pihak Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan wilayah Maluku dan Papua di Bula, Kamis siang.

 

Identifikasi dan Inventarisasi Kelompok Peduli Lingkungan tersebut bertujuan, antara lain sebagai bentuk penyebaran informasi dasar Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan wilaya Maluku dan Papua, Pemenuhan Data Base kelompok peduli lingkungan di wilayah Maluku dan Papua dalam bentuk Indentifikasi dan Inventarisasi serta pengumpulan dokumentasi.  

 

Data profil organisasi tersebut, kemudian diteliti oleh Kementerian LHK. Sehingga, LKML wilayah kabuaten SBT dan KPSBT dapat ditentukan sebagai mitra dalam rangka menyukseskan program kerja di bidang lingkungan.

 

Sebagai lembaga swadaya masyarakat yang fokus pada masalah lingkungan, LKLM wilayah kabupaten SBT berpeluang menjadi Pembina komunitas-komunitas kerja sosial di kabupaten SBT, termasuk KPSBT.

 

Untuk diketahui, sebelumnya pengurus LKLM wilayah kabupaten SBT telah turut menyukseskan  sejumlah kegiatan, diantaranya pembersihan pantai kota Bula, advokasi masalah kerusakan lingkungan, kampanye lingkungan, peringatan Hari Air Dunia dan Hari Internasional tahun 2018, serta beberapa kegiatan lainnya terkait lingkungan.

 

Demikian juga KPSBT, telah turut menyukseskan sejumlah kegiatan di daerah ini, antara lain kampanye lingkungan saat Hari Kesehatan Nasional tahun 2016, program pencanangan desa Percontohan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat kabupaten SBT tahun 2017 serta beberapa program lainnya. ((HN-MB)