Lewat Lokakarya, PKM Nama Bangun Relasi Kerja

Lewat Lokakarya, PKM Nama Bangun Relasi Kerja

BULA, hunimunaews.com- Dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, tidak hanya menjadi tanggung jawab sektor kesehatan saja, melainkan menjadi peran seluruh elemen masyrakat secara kolektif.

 

Kegiatan lokakarya mini (Lokmin) yang digelar Puskesmas Nama kecamatan Sirittaun Wida Timur di ruang kelas SMP 11 SBT pada Selasa, ( 19/10/21) bertujuan membangun relasi kerja sama dengan sejumlah sektor di wilayah tersebut.

 

Kegiatan itu dihadiri Camat Siritaun Wida Timur Mukti Kelrey, Kepala Puskemas Nama Yaniar.N.Wokas, Penjabat Negeri Administratif Salagur Kota Syarafudin Rumakey, para pihak keamanan, serta seluruh tenaga kesehatan puskemas Nama dan peserta lokakarya yang turut hadir dalam kesempatan tersebut.

 

Diketahui, Lokakarya Mini (Lokmin) lintas sektor puskesmas itu, merupakan salah satu ruang membangun komitmen serta menyatukan misi di sisi kesehatan. Tidak hanya itu, melalui kerja sama tersebut, keterlibatan para pemangku kepentingan semisal pemerintah kecamatan (Camat), kepala desa sebagai reperesentasi desa, serta tokoh masyarakat dan pemuda untuk dapat bersinergi dengan instansi kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

 

Kepala pemerintah kecematan (Camat) Sirittaun Wida Timur kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Mukti Kelrey dalam sambutanya menjelaskan, lokakarya mini yang di canangkan Puskesmas Nama pada kesempatan itu merupakan kegiatan yang cukup penting. 

 

Menurutnya, prioritas kesehatan masyarakat adalah bagian dari visi dan misi pemerintah daerah, dengan begitu, bermula dari lokakarya mini yang digerakan oleh instansi kesehatan agar dapat meningkatkan mitra kerja sama semuah pihak.

 

"Selaku camat saya mengapresiasi kegiatan ini, sebab dalam meningkatakan pelayanan kesehatan dibutuhkn kerja sama salah satunya melalui lokakarya mini ini," katanya

 

 

Melalui kesempatan tersebut pihaknya berharap, para kepala pemerintah negeri dan negeri administratif agar berpartisipasi aktif dalam semua tahapan pelaksanaan lokakarya mini itu. 

 

"Beta berharap agar semua kepala pemerintah negeri dan negeri administratif berperan aktif dalam kegiatan lokakarya ini," pintanya

 

Sementara Kepala Puskemas Nama kecamatan Sirittaun Wida Timur Yaniar. N. Wokas kepada wartawan mengatakan, dengan lokakarya mini lintas sektor ini bertujuan untuk menjalin kerja sama antara pihak puskemas dan stacholder terkait dalam peningkatan cakupan di bidang kesehatan.

 

"Dengan adanya lintas sektor ini agar adanya kerja sama antara instansi kesehatan dalam hal ini pihak puskemas dengan lintas sektor yang ada dalam meningkatkan kesehtan masyarakat," ungkap Wokas

 

Dikatakan, substansi keja sama melalui lokakarya mini itu meliputi berbagai cakupan, diantaranya imunisasi, ASI eksklusif, serta mencakup penanganan ibu hamil (Bumil) yang bersalin menggunakan fasilitas kesehatan.

 

"melalui lokakarya mini ini terdapat banyak tahapan pelayanan kesehatan secara bersama meliputi berbagai cakupan,misalnya imunisasi, ASI eksklusif, serta mencakup penanganan ibu hamil juga diperlukan," ujarnya

 

Selain itu kata dia, lokakarya mini sektoral merupakan satu pertemuan dengan substansi program yang cukup penting. Sebab hal itu lanjut dia, dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes RI) nomor 44 tahun 2016 tentang pedoman manajemen puskesmas.

 

Pihaknya berharap, melalui lokakarya lintas sektor tersebut, memperoleh dukungan dan masukan untuk peningkatan kesehatan yang lebih baik terhadap masyarakat setempat. (HN-MR)