Lepas Mahasiswa PPL II, Rettob : Para Peserta Mesti Bersikap Layaknya Seorang Guru

Lepas Mahasiswa PPL II, Rettob : Para Peserta Mesti Bersikap Layaknya Seorang Guru

BULA, hunimuanews.com-Pelepasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Ita Wotu Nusa Bula (IWN) sebagai peserta Praktek Pengenalan Lapangan (PPL) II Real Teaching, Wakil Ketua I Bidang Akademik Dzul Kifli Rettob berharap para mahasiswa peserta PPL II mesti bersikap layaknya seorang guru di sekolah nantinya.

 

Harapan ini disampaikan Rettob, usai membuka secara resmi Pelepasan Mahasiswa PPL II di ruang kuliah kampus STKIP Ita Wotu Nusa Bula, Sabtu (14/08/21).

 

Ia mengungkapkan, sejauh ini pihaknya berusaha memaksimalkan kompetensi para mahasiswa dari sisi ilmu pengetahuan serta penguatan materi secara teori maupun praktek. Hal itu kata dia, diberlakukan terhitung sejak pelaksanaan PPL I( Micro Teaching) hingga PPL II (Real Teaching).

 

"Selama ini institusi berusaha menyiapkan mereka dari sisi keilmuan, hingga saat ini kami menilai sudah cukup mampu untuk mengaplikasikan semua itu di lapangan baik secara teori maupun praktek," terang Rettob

 

Dijelaskan, semula kemampuan para mahasiswa selaku peserta PPL II ini, telah di tata sejak pelaksanaan PPL I (Satu) beberapa waktu lalu. Dengan demikian pada proses pelepasan PPL II yang dilaksanakan pada kesempatan itu. Diupayakan lebih memaksimalkan kemampuan peserta dari sisi intelektual bahkan mental saat menghadapi segala kondisi di lokasi PPL.

 

Selain itu dirinya mengingatkan para peserta PPL agar mampu mengkondisikan diri dengan lingkungan sekitar. Tidak hanya itu upaya menajaga keseimbangan komunikasi antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah pun perlu dijaga.

 

"Tentunya kita juga berharap, agar para peserta PPL ini mampu menjaga segala hal mulai dari pergaulan pembawaan dengan lingkungan, hingga sampai pada komunikasi antar sesama mahasiswa dan guru di sekolah," harapnya

 

 

Hal senada turut ditegaskan, Ali Kilbaren Salah satu dosen program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) STKIP Ita Wotu Nusa. Ali menegaskan, berdasarkan pengamatannya selama pelaksanaan praktek pengenalan lapangan (PPL) yang di ikuti mahasiswa STKIP Ita Wotu Nusa sejak angkatan pertama hingga angkatan ke lima selalu mengalami kendala yang dialami mahasiswa saat melaksanakan tugas dilapangan.

 

Menurutnya masalah yang dialami para mahasiswa itu berbeda-beda yang dinilai tidak etis dilakukan selaku seorang mahasiswa yang berperan sebagai seorang guru di sekolah.

 

"Melalui kesempatan ini beta berharap, kepada semua peserta PPL ini agar tiba di sekolah masing-masing, tidak mengulangi masalah yang pernah dibuat oleh angkatan pertama kedua ketiga hingga seterusnya, pastikan kalian tunjukan yang terbaik," pungkasnya

 

Diketahui para Mahasiswa yang mengikuti pelaksanaan PPL II (Real Teaching) itu berjumlah 60 peserta yang terdiri dari tiga program studi diantaranya Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). 

 

Berdasarkan keterangan, para mahasiswa PPL II ini ditempatkan di sejumlah sekolah di kecamatan Pulau Gorom, kecamatan Gorom Timur (Gortim) dan Kecamatan Pulau Panjang kabupaten Seram Bagian Timur (SBT). Selain itu para peserta PPL ini direncanakan akan diberangkatkan pada Selasa malam.

 

Turut hadir dalam giat pelepasan Mahasiswa PPL II itu, Wakil Ketua I Bidang Akademik Dzul Kifli Rettob, Kepala BAK STKIP Ita Wotu Nusa Aditya Dirgantara Wokas, Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Moh Ali Kilbaren, Abdul Karim Rumadaul, dan sejumlah dosen lainnya.(HN-MR