Lepas Kafilah Lasqi SBT, Keliobas : Semua Peserta Harus Target Juara

Lepas Kafilah Lasqi SBT, Keliobas : Semua Peserta Harus Target Juara

BULA, hunimuanews.com- Peserta Lasqi Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) resmi dilepas oleh Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas untuk mengikuti lomba Festival Seni Qasidah bintang Vokalis tingkat provinsi Maluku.

 

Prosesi pelepasan berlangsung di Aula Pandopo Bupati, Jumat (8/10/21). Dalam pelepasan itu, Keliobas meminta seluruh peserta agar mempunyai target meraup juara dalam lomba tersebut.

 

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Seram Bagian Timur (SBT) Abdul Mukti Keliobas, Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur, Sekretaris Daerah (Sekda) Djafar Kwairumaratu, Ketua DPD Lasqi SBT Misa Keliobas, Plt. Kemenag SBT Moksen Mahu, sejumlah Pimpinan OPD dilingkup pemerintah kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), serta seluruh pelatih dan pembina para peserta Lasqi.

 

Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas dalam sambutanya mengatakan, peran dan fungsi pengurus Lasqi kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) ke depan tentunya sangat berat. Dikatakan, tugas dan fungsi itu tidak hanya sebatas meningkatkan bakat generasi SBT pada bidang seni dan musik saja, melainkan pengembangan etika moral dan ahlak pun mesti dibentuk melalui lomba yang mengandu ng nilai religius.

 

"Selain meningkatkan minat dan bakat di bidang musik, pengurus Lasqi ini juga mempunyai peranan penting untuk membangun etika moral dan ahlak pada diri seseorng melalui momentum seperti ini," kata Keliobas

 

Bupati dua periode ini menegaskan, meskipun jadwal pelaksanaan Lasqi tingkat Provinsi Maluku ini cukup singkat, namun dirinya memastikan peserta Lasqi di bumi Ita Wotu Nusa ini telah menyiapkan diri jauh lebih awal sebelum ditetpakan jadwal tersebut. Hal itu menurutnya, kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) beberapa tahun sebelumnya, pernah menjuarai lomba Lasqi tingkat Provinisi Maluku bahkan secara nasional.

 

"Saya yakin dan percaya peserta Lasqi SBT ini sudah siap dari jauh tempo dalam hal seperti ini. kesiapan ini terukur sebab SBT pernah menjuarai lomba lomba besar pada tahun tahu lalu baik di provinsi maupun nasional," jelasnya

 

Disamping itu, Ketua DPD Lasqi kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) Misa Keliobas dalam laporanya menjelaskan, pelaksanaan festival seni qasidah tahun 2021 yang dilakasnakan di kota Ambon pekan mendatang terasa mendadak. Dikatakan, pihaknya pada tanggal 29 September kemarin baru menerima surat pemberitahuan dari provinsi terkait kegiatan dimaksud. Dengan demikian lanjut Misa, perekrutan peserta Lasqi tingkat kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) tak lagi diberlakukan melalui tahapan seleksi.

 

"Pelaksanaan Festival seni qasidah tahun ini kami rasa sedikit mendadak, sebab pada tannggal 29 september kemarin baru kami terima surat, jadi tahapan rekrut peserta ini tidak lagi melalui seleksi," jelasnya

 

Dikatakan, sejumlah peserta yang direkrut mengikuti lomba tersebut semula pernah mengukir prestasi di tingkat provinsi. Menurutnya, dari dasar itulah para peserta ini diikut sertakan tanpa melalui tahapan seleksi. Kendala lainya kata Dia, berupa interval waktu menuju pelaksaan kegiatan tersebut cukup singkat. 

 

Meski begitu, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) ini berkomitmen, bahwa Kafilah Lasqi kabupaten SBT dapat menjuarai lomba tersebut secara maksimal.

 

"Kafilah Lasqi kabupaten Seram Bagian Timur akan berkomitmen untuk memberikan penampilan yang terbaik ditingkat provinsi," ujarnya

 

Diktehaui peserta cabang lomba asal kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang mengikuti festival seni qasidah tingkat provinsi Maluku itu berjumlah 10 peserta. Dari 10 peserta tersebut terdiri dari solis anak putra-putri sebanyak 2 orang, solis remaja putra-putri 2 orang, solis dewasa putra-putri 2 orang, pop religi anak putra-putri 2 orang, dan pop reliji remaja putra-putri sebanyak 2 orang. (HN-M. Rumaru)